3 Jenis Web Hosting yang Perlu Anda Ketahui

WEB HOSTING – Pada artikel sebelumnya sempat dibahas bahwa internet bermanfaat bagi kehidupan manusia di berbagai aspek seperti menambah wawasan pengetahuan, memudahkan pekerjaan, memudahkan komunikasi, sarana pendidikan jarak jauh, dan sebagai sarana hiburan.

Berbagai manfaat internet bisa dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia melalui website. Website adalah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan menggunakan browser.

Misalnya, untuk mencari kata kunci Anda perlu mengunjungi laman www.google.com. Untuk mengakses video online Anda bisa membuka laman www.youtube.com. Jika ingin tetap terhubung dengan teman-teman secara online, Anda dapat memanfaatkan website media sosial seperti www.facebook.com.

Ketiga website di atas hanya beberapa contoh dari sekian banyaknya website yang tersebar di internet. Secara sederhana, untuk muncul di internet dibutuhkan website. Website dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Di antaranya adalah untuk sarana bisnis, sarana komunikasi organisasi, maupun sarana personal branding.

Siapapun dapat memiliki website, dari orang yang ahli pemrograman sampai orang awam sekalipun. Tersedia banyak jasa pembuatan website yang bisa digunakan oleh orang awam.

Nah, untuk bisa memiliki website yang bisa diakses secara online, Anda membutuhkan web hosting.

Apa Itu Web Hosting ?

web hosting
niagahoster.com

Web hosting adalah set aktivitas atau layanan penyimpanan informasi suatu website hingga akhirnya bisa ditampilkan ketika diakses. Definisi lain dari web hosting adalah sebuah server yang terhubung ke internet dan dipergunakan untuk menyimpan data website agar dapat diakses secara online.

Di Indonesia sendiri awal mula bisnis web hosting komersial diprakarsai oleh Internet Service Provider (ISP) Indonet pada tahun 1994. Sejak saat itu mulai banyak bermunculan penyedia layanan web hosting di Indonesia, salah satunya adalah Niagahoster, sebuah perusahaan penyedia web hosting yang berlokasi di Yogyakarta.

Layanan web hosting sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu shared hosting, VPS Hosting, dan Dedicated Server.

Shared Hosting

shared hosting
dynohost.in

Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para pengguna layanan tersebut berbagi resource dan kapasitas server bersama-sama
Contoh shared hosting ini bisa Anda lihat di Niagahoster. Niagahoster menyediakan empat layanan Shared Hosting yang terdiri dari Paket Bayi, Paket Pelajar, Paket Personal, dan Paket Bisnis.

Paket Bayi adalah paket shared hosting termurah Niagahoster dengan harga 19.800 rupiah. Dengan membeli Paket Bayi, pelanggan mendapatkan disk space sebesar 500MB, unlimited bandwidth, dan satu domain. Biasanya Paket Bayi disarankan untuk blogger-blogger pemula yang belum membutuhkan banyak fasilitas.

Paket kedua adalah Paket Pelajar dengan harga 44.800 rupiah. Mulai dari Paket Pelajar, Niagahoster sudah menawarkan unlimited disk space. Selain unlimited disk space, pelanggan juga dapat menikmati unlimited POP3 e-mail, 10 addon domains, dan domain gratis selamanya.

Paket Personal dijual dengan harga 67.800 rupiah. Apa saja fasilitas yang ditawarkan Paket Personal? Jika Paket Pelajar hanya menyediakan 10 addon domains, Paket Personal menyediakan unlimited addon domains dan SpamAssassin Mail Protection. Paket ini adalah produk best seller Niagahoster dengan 15.721 pelanggan terdaftar.

BACA JUGA   Cara Membuat Footnote Di Word / Jurnal / Catatan Kaki / Yang Benar

Paket terlengkap dari Niagahoster adalah Paket Bisnis. Dengan harga 91.800 rupiah, pelanggan mendapatkan fasilitas prioritas layanan technical support. Selain itu, berbeda dari paket-paket sebelumnya yang hanya menyediakan instant backup, Paket Bisnis menyediakan magic auto backup and restore.

VPS Hosting

vps hosting
vps.net

VPS Hosting merupakan server hosting fisik yang dibagi-bagi kembali menjadi server virtual dan difungsikan sebagai server hosting tersendiri. Pengguna layanan ini memiliki root akses VPS server masing-masing dan memiliki wewenang penuh melakukan pengaturan server VPS-nya. Untuk mengelola server VPS, Anda membutuhkan pengetahuan dasar mengenai server.

Dedicated Server

dedicated server
tmimgcdn.com

Dedicated server layanan hosting yang memungkinkan Anda untuk menggunakan server secara keseluruhan. Pengguna memiliki root access server dan memiliki wewenang penuh memanajemen server-nya. Untuk mengelola Dedicated Server, Anda membutuhkan pengetahuan tentang server.

Kesimpulan

Kebanyakan orang menggunakan shared hosting karena biaya yang dikeluarkan sedikit. Namun, jika Anda membutuhkan spesifikasi lebih, Anda bisa meningkatkannya menjadi VPS Hosting, tentu dengan harga yang lebih mahal.

Demikian artikel tentang tiga jenis web hosting. Kini Anda bisa memilih layanan web hosting sesuai kebutuhan.

Leave a Comment