Sejarah Internet Di Dunia / Di Indonesia / Perkembangan yang Singkat Padat dan Jelas

Pada saat ini kemajuan zaman sudah sangat kompleks. Segala sesuatu telah dapat diakses dan didapatkan melalui internet. Ini merupakan salah satu kemajuan zaman yang sangat pesat dan bisa dinikmati siapa saja, kalangan orang mana saja dan dimanapun berada.

Namun, sepertinya banyak yang belum mengetahui mengenai sejarah internet yang ada di Indonesia bahkan di dunia ini.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini mengajak pembaca untuk membaca semua hal dari internet mulai dari pengertiannya sampai dengan sejarah, manfaat serta internet yang diharapkan gratis bagi pemakainya. Simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Internet

pengertian internet dan sejarah internet
iamwire.com

Menurut KBBI dalam situs resminya menjelaskana bahwasanya internent adalah :

Jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Kata internet merupakan singkatan dari kata Interconection Network yang berasal dari bahasa Inggris. Di dalam bahasa Indonesia sendiri internet diartikan sebagai sistem jaringan komputer yang saling terhubung dengan cakupan global. Namun internet sendiri pada awal mulanya berasal dari bahasa latin yaitu “inter” yang berarti “antara”.

Sampai saat ini internet merupakan sebuah jaringan yang saling terhubung dan terdiri dari milyaran komputer yang terdapat di penjuru dunia. Internet melibatkan beraneka macam jenis komputer dengan topologi jaringan yang berbeda-beda pula di mana hal ini belum pernah diduga sebelumnya bahwa sejarah internet memiliki peran vital di dalam kemajuan zaman.

Agar bisa terhubung dengan internet maka harus melakukan integrasi serta komunikasi jaringan. Sehingga dibutuhkan yang namanya standar protokol internet atau sering disebut dengan TCP/IP dimana, Keduanya tersebut akan memiliki peran yang berbeda.

TCP akan berfungsi untuk memastikan bahwa semua jenis koneksi bekerja dengan baik. Sedangkan, IP mempunyai tugas untuk melakukan transmisi paket data dari suatu komputer ke komputer lainnya.

Sejarah Singkat Internet

pengertian internet menurut para ahli
pixabay.com

Penciptaan internet ini diawali dengan sebuah proyek dari ARPA yang disebut ARPANET dengan kepanjangan Advanced Research Project Agency Network . Penciptaan internet ini diprakarsai oleh departemen pertahanan Amerika serikat pada tahun 1969.

Dari penciptaan tersebut sehingga menghasilkan temuan tentang bagaimana hardware dan software komputer dengan basis UNIX. Yang mana pada saat itu mereka mulai menyadari bahwa manusia mampu melakukan komunikasi dengan jarak jauh yang memanfaatkan saluran telepon.

Sehingga, dari temuan tersebut mereka mengembangkan dengan terus menerus sehingga menjadi sebuah kemajuan seperti pada saat ini. Pada proses perkembangan dari sejarah internet yang kita bisa nikmati saat ini terdapat dua pembahasan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Yaitu, Sejarah internet di dunia dan sejarah internet di Indonesia.

1. Sejarah Internet Di Dunia

artikel sejarah internet
bitsonline.com

Sejarah internet di dunia didahului dengan proyek ARPANET yang merancang berbagai bentuk jaringan, analisa seberapa besar informasi yang mempunyai potensi sangat besar dapat dipindahkan dan kehandalan dari internet. Semua standar yang mereka tentukan ini menjadi cikal bakal di dalam pembangunan sebuah protokol baru yang disebut dengan TCP/IP.

Pada cerita awalnya bahwa pembangunan proyek ini hanyalah untuk keperluan militer saja. Departemen Pertahanan Amerika atau disebut juga dengan US Department of Defense, membuat sebuah sistem jaringan komputer dan melakukan penyebaran jaringan ke wilayah-wilayah yang vital.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya sebuah informasi yang hanya terpaku di dalam satu tempat saja, di mana apabila terjadi perang akan rawan dan mudah untuk dihancurkan.

Pada awal berdirinya ARPANET hanya ada 4 situs yang dihubungkan yaitu Stanford Research Institute, University of Utah, University of California, serta Santa Barbara. Mereka membentuk sebuah jaringan terpadu pada tahun 1969. Namun setelah diumumkan pada bulan Oktober 1972.

Terjadi sebuah ekspektasi yang diluar dugaan, karena perkembangan jaringan cikal bakal dari internet berlangsung secara cepat dan berkembang sangat pesat.

Dari hal tersebut mengakibatkan hampir seluruh Universitas di Amerika hendak bergabung degan ARPANET, yang menyebabkan ARPANET merasa kuwalahan dengan gelombang gabungan yang sangat banyak.

Hal ini mengakibatkan pihak ARPANET membuat kebijakan dengan memecahnya menjadi dua, yaitu “MILNET” yang dikhususkan untuk keperluan militer sedangkan “ARPANET” dengan konsep yang baru untuk kepentingan non-militer.

Seperti lebih khususnya untuk Universitas-universitas yang ada di amerika pada saat itu. Dari kejadian ini mengakibatkan kedua jaringan tersebut dinamakan dengan DARPA, namun pada akhirnya disederhanakan lagi menjadi kata Internet.

Rentetan Tahun dan Peristiwa

sejarah perkembangan internet di indonesia
pixabay.com

Berdasarkan dari tahun yang terjadi pada sejarah internet di dunia. Maka, berikut ini adalah daftar persitiwa penting pada sejarah internet dan perkembangannya.

Tahun 1957

Rusia (dahulu Uni Soviet) Meluncurkan suau wahana luar angkasa yang bernama , Sputnik.

Tahun 1958 – 1959

Amerika Serikat membentuk dengan dibawah langsung dari Departemen Pertahanan membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA). Bertujuan pada bidang teknologi dan pengetahuan terkhusus pada teknologi komputer dan informasi.

Awal 1960-an

Pengimplementasian dari teori packet switching secara nyata pada perangkat komputer dan elektronik komunikasi.

Pertengahan 1960-an

Advanced Research Projects Agency (ARPA ) mulai mengembangakan program ARPANET dengan mencoba menghubungkan empat buah komputer yang terhubung satu sama lain. Dimana, ke-empat komputer tersebut terletak di empat universitas yaitu Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles,  University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. Dan saling terhubung sampai pada tahun 1969.

BACA JUGA   Mengenal Situs Lowongan Kerja Pekanbaru Terbaik

Tahun 1962

RAND Corporation memulai penelitian terkait dengan jaringan terkoneksi antar komputer yang digunakan untuk keperluan transaksi data dan informasi dalam skala pertahanan dan militer.

Tahun 1965

Ted Nelson salah seorang ilmuan dari bidang teknologi komputer dan telekomunikasi kala itu meluncurka istilah “Hypertext” yang masih kita gunakan sampai saat ini.

Tahun 1968

Dibuat suatu jaringan telekomunikasi yang bernama Tymnet.

Tahun 1971

Penambahan jumlah jaringan komputer yang terhubung menjadi 23 node atau titik. Dimana, teridi dari jaringan komputer pemerintah dan universitas di Amerika.

Tahun 1972

Sebuah tim riset dan pengembang yang dibentuk oleh ARPANET bernama International Network Working Group (INWG). Bertujuan untuk meningkatkan teknologi komputer dan pembuatan standar dalam suatu jaringan komputer. Kemudian, dari hasil riset dan penelitian tekait dengan jaringan komputer tersebut Vint Cerf sebagai pembicara awal dari kelompok tersebut mengemukakan perkembangan terkait dengan jaringan komputer yang membuatnya dikenal sebagai “Bapak Internet”

Tahun 1972–1974

Beberapa perusahaan yang bergerak pada layanan data mendaftarkan diri ke ARPANET untuk dapat saling terhubung melaui jeni jaringan dial-up. Diantara perusahaan yang mendaftar anatra lain :  Lexix, The New Yourkl Times DataBank, DC Orbit.

Tahun 1973

ARPANET semakin memperluas jaringanya dengan tergabungnya beberapa universitas di luar Amerika yang tergabung dalam jaringan ARPANET. Seperti University Collage of London dari inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia

Tahun 1974

Dipublikasikannya TCP (Transmission Control Protocol) yang dikeluarkan oleh Vint Cerf bersama Bob Kahn didalam jurnal ilmiah yang berjudul “A Protocol for Packet Network Interconnection“.

Dibukanya jaringan komputer versi komersil yang dikeluarkan oleh ARPANET yang bekerja sama dengan Bolt, BBN dan Pontraktor. Jaringan komersil tersebut diberinama Telenet dan menjadi layanan jaringan komersil pertama yang dibuat.

Tahun 1977

Perkembangan jaringan komputer ARPANET untuk terhubung dengan bebagai universitas dan pemeritah telah mencapai 111 buah komputer.

Tahun 1978

ARPANET bersama INWG memecah TCP menjadi dua buah protokol. Yaitu Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP).

Tahun 1979

  • Tom Truscott, Steve Belovin dan Jim Ellis yang merupakan alumni dari Duke University dan University of Callifornia membuat grup diskusi pertama yang diberi nama Usenet.
  • Kevin Mckenzie mengusulkan untuk dibuatnya emoticon dalambahasa komputer untuk chat dan diskusi.

Tahun Awal 1980-an

  • Pemasaran Personal Computer (PC) mewabah di masyarakat di Amerika dan di luar Amerika dan telah menjadi gaya hidup masyarakat.
  • ARPANET telah mencapai 213 host komputer yang terhubung satu sama lain sejak pertama kali dibuat.
  • Diakrenakan telah banyakanya orang yang terhubung dengan jaringan internet. Maka, muncullah layanan BITNET (Because It’s Time Network) yang menyediakan layanan email, FTP dan mailing list.
  • Pembentukan Computer Science Network (CSNET) dibangun oleh para ilmuan dari berbagai unoversitas dan provider dengan mendapat dukungan dari National Science Fondation (NSF). Dengan menyediakan pelayanan e-mail dan memberikan pelayan pelayanan lainnya kepada para pelangganya tanpa harus mengakses host ARPANET.

Tahun 1982

  • Pengenalan istilah “internet” dengan mengadipsi jaringan TCP/IP pada istilah internet tersebut.
  • Dibuatnnya Name Server  yang membuat para user dapat mengakses internet tanpa perlu mengtahui jalur akses menuju host.
  • Terhubungnya lebih dari 1000 host dalam jaringan ARPANET yang tergabung ke dalam internet.

Tahun 1986

Pengenalan sistem nama domain yang dikenal dengan istilah Domain Name Server (DNS). Dimana, DNS ini berfungsi sebagai sistem pemberian nama suatu jaringan komputer didalam internet.

Lebih lanjutnya silahkan nonton video berikut :

2. Sejarah Internet Di Indonesia

definisi internet
mastel.id

Merlyna Lim yang merupakan lulusan dari Universitas Twente, Belanda, menyebutkan awal mulanya Internet di Indonesia muncul di tengah-tengah para akademisi. Pada awalnya, jaringan Internet ini diteliti para mahasiswa di Universitas Indonesia.

Namun, Koneksi Internet yang pertama kali di Indonesia diketahui dilakukan oleh Joseph Luhukay pada tahun 1983 dengan  melakukan pengembangan jaringan UINet (University of  Indonesia Network) yang masih berlokasi di Universitas Indonesia.

Pada tahun 1984 UINet masih bernama UUNet yang mana Luhukay masih melakukan proses pengembangan internet. Dan pada saat itu Indonesia tercatat sebagai negara pertama yang terhubung dengan jaringan internet secara global.

Lim juga membuat sebuah catatan bahwa ada seorang tokoh yang juga berperan penting atas perkembangan Internet di Indonesia. Yaitu, Onno Purbo yang merupakan sosok yang sangat berjasa di dalam melakukan aktivitas pengembangan koneksi dan jaringan Internet yang berada di Nusantara.

Bersama dengan rekan-rekannya yang merupakan para pelaku eksplorasi radio amatir, Onno berusaha melakukan pengembangan jaringan komputer melalui media frekuensi radio yang ketika itu merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat efektif pada tahun 1993.

Onno dan teman-temannya bertekad untuk mencari cara untuk dapat melakukan aktivitas komunikasi murah tanpa memerlukan jaringan Telkom yang pada masanya mampu untuk memonopoli dunia industri khususnya dalam telekomunikasi di negara Indonesia ini. Setelah itu, Onno mulai menyebarluaskan dan mempublikasikan berbagai artikel tutorial di dalam  memulai jaringan telekomunikasi dengan basis internet yang dinilai lebih murah.

Pasca Internet sudah mulai berkembang di Indonesia, aktivitas penelitian yang dilakukan dibarengi dengan hobi yang mendominasi penggunaan Internet di Indonesia menjadi bergeser menuju ke ranah pengiklanan atau komersil. Hal ini diawali oleh PT Indo Internet yang kemudian berdiri sebagai Internet Service Provider (ISP) yang paling ketika itu merupakan yang pertama di negara kita Indonesia yang berdiri tepatnya pada bulan September 1994.

Pasca Indonet berdiri, bermunculan dengan pesat para perusahaan ISP di tahun 90-an diantaranya yaitu PT  Wasantara Network dimana perusahaan ini hasil pengembangan dari PT Pos Indonesia di tahun 1996,  Rahardjasa Internet atau (Radnet) yang berdiri pada tahun 1995, IndosatNet yang juga berdiri pada tahun 1996, dan yang terakhir menyusul adalah Telkomnet yang berdiri pada tahun 1998.

BACA JUGA   3+ Cara Meninggikan Badan Usia 22 Tahun Yang Terbukti Ampuh

Perkembangan internet kala itu mulai terjadi kemajuan secara perlahan. Di tahun 1998 saja, menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang disingkat APJII. Orang yang berlangganan dengan ISP di semua Nusantara ketika itu tercatat berjumlah 138.000 orang di mana perkiraan orang yang menggunakan Internet di masa itu sebanyak 512.000 pengguna.

Akan tetapi ternyata ISP bukanlah satu-satunya faktor penyebab perkembangan Internet yang mulai menyebar luas di seluruh Indonesia. Karena pada saat itu akses internet dengan ISP hanya dapat diakses oleh kelompok dengan strata sosial esklusif di masyarakat yang mempunyai komputer dan juga berkewajiban membayar tagihan telfon.

Menurut Lim, faktor yang membuat Internet semakin menjamur di Indonesia ketika itu adalah karena mulai banyak dijumpainya warnet (warung Internet) yang dimulai pada tahun 1996. Kehadiran warnet ini terasa sebagai angin segar bagi banyak kalangan.

Karena dengan adanya warnet, seseorang tidak harus mempunyai berbagai macam perangkat dengan koneksinya yang dianggap cukup merepotkan. Penggunaan Internet ini terasa semakin mudah diakses di mana masyarakat hanya cukup membayar biaya koneksi per jam, dan bahkan mereka tak perlu memiliki komputer atau membayar biaya koneksi telepon di rumah secara individu.

Rentetan Peristiwa Sejarah Internet Di Indonesia

sejarah singkat internet
pixabay.com

Dari Perisitiwa yang terjadi dalam sejarah perkembangan internet di Indonesia menjdi salah satu bukti bahwasanya indonesia juga merupakan negara yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan didalam bidang teknologi dan komunikasi. Berikut ini adalah rentetan tahun dan peristiwa yang terjadi dialam sejarah perkembangan internet di Indonesia.

Tahun 1986 – 1987

Munculnya opini dan tulisan yang diadakan oleh Amatir Radio Club (ARC) pada tahun 1986 oleh ITB. Kemudian, mereka mendpatkan modal seadanya dari Harya Sudirapratama (YC1HCE) untuk pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430. Lalu dari Onno W. Purbo (YC1DAV) berupa komputer Apple II, ditambah dengan belasan mahasiswa ITB yang melakukan kegiatan belajar bersama untuk mempelajari terkait radio di band 40m.

Dari sinilah kemudian mereka berpindah haluan ke ilmu komputer dan jaringan internet untuk mempelajari terkait dengan TCP/IP. diantara mahasiswa ITB tersebut seperti Harya Sudirapratama, J. Tjandra Pramudito, Suryono Adisoemarta, Onno W. Purbo, Robby Soebiakto, Achmad Zaini, dan Yos. Mereka mulai mengaitkan antara Bulletin Board System (BBS) dengan jariangan e-mail store yang menghubungkan berbagai server radio amatir dengan seluruh dunia.

Tahun 1989 – 1990

Dengan nama [email protected] yang merupakan menjadi mailing list pertama yang dibuat oleh mahasiswa indonesia yang sedang menempuh kuliah di luar negeri. Maliling list ini menjadi saranan diskusi antar mahasiswa terkait dengan ilmu pengetahuan dan komunikasi. Kemudian mailing list tersebut berkembang dan membuat host server yang berada di ITB dan egroups.co. Yang membuat cikal bakal perkembangan in ternet di Indoensia.

Di awal tahun 1990 Onno W. Purbo yang pada saat itu berada di Canada melakukan komunikasi dengan radio amatir di Indonesia. Dengan menggunakan peralatan PC/XT dan walkie-talkie dengan band 2 meter, yang membuat komunikasi antara Indonesia dan Canada menjadi lancar dengan melalui jaringan radio amatir kala itu.

Tahun 1992 – 1994

Perkembangan internet di dunia membuat rekan-rekan dari BPPT, LAPAN, UI dan ITB mengadopsi teknologi baru pada packet radio TCP/IP yang berubah menjadi PaguyubanNet. Dari sini mereka membuat IP pertama dengan nama domanin AMPR.org yang ber-IP 44.132. Gateway tersebut dioperasikan oleh BPPT yang bekerja pada band 70 cm serta dengan memakai OS DOS dan PC 386 yang mampu menjalankan program NOS dgn TCP/IP tersebut.

Tahun 1994 – 1995

Pada tahun 1994 IndoNet merupakan Insternet Srvice Provider (ISP) komersil pertama yang muncul dan mampu terhubung dengan internet menggunakan sistem dial-up. ISP ini pada awalnya menggunkana mode teks dan shell account, e-mail client, dan browser Lynx pada server AIX.

Kemudian, setelah itu Bulletin Board System (BBS) menyediakan akses Telnet ke luar negeri yang menggunakan system remote browser Lynx dan dapat digunakan di Indonesia untuk mengakses internet.

Indonesia mendapatkan Top Level Domain (TLD) yang kita kenal dengan .ID, yang dibangun oleh server UUNET. Kemudian, mendapat hak akses untuk mendapat domain tingkat kedua yang biasa kita kenal dengan domain .CO.ID.

Tahun 1995 – Sekarang

Dari tahun 1995 sampai sekarang ini Indonesia pun terus mengikuti perkembangan dari internet yang baik dari sisi hardwere maupun softwere. Dan menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), telah ada sekitar 88.1 juta orang yang menggunakan internet di Indonesia pada tahun 2014 dan ini terus berkembangan

Manfaat Internet

manfaat internet
oktawave.com

Kemajuan tekhnologi yang semakin pesat ini membuat pengguna internet juga bertambah banyak. hal ini terjadi karena penggunaan internet memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh semua manusia yang menggunakannya.

Internet memiliki peran sangat vital terutama pada perusahaan-perusahaan besar bahkan kantor-kantor pendidikan. Untuk itu dibawah ini ada banyak manfaat dari internet yang perlu diketahui. Yaitu:

Menambah Wawasan Pengetahuan

fungsi internet secara umum
pixabay.com

Dengan memanfaatkan sebuah internet maka kamu bisa mencari berbagai informasi yang kamu butuhkan. Di dalam internet terdapat milyaran informasi yang telah terkumpul di dalamnya. Adna tinggal memasukkan kata kunci tertentu. Kemudian, kamu disuguhkan oleh berbagai macam informasi yang banyak dan tinggal kamu pilih sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan. Ini merupakan sistem kerja dari search engine seperti google , yaho, bing dll. Namun di Indonesis sendiri yang paling populer adalah google.

BACA JUGA   9+ Jenis Jenis Awan, Pengertian, Ciri-ciri, Gambar, Dan Penjelasannya

Menggunakan Internet Lebih Efisien

macam macam internet
medium.com

Berita dari internet sangat mudah untuk di akses oleh siapapun dan dimanapun berada. Bahkan ketika kamu bangun dari tidur kamu bisa langsung mengakses informasi di mana kamu sudah menyalakan fitur pemberitahuan berita dari situs-situs berita tertentu.

Internet adalah media yang sangat baik untuk menghemat waktu kamu . Tentunya dalam hal tertentu ya. Sebagai contoh kecil adalah bahwa kamu sekarang tak perlu lagi membaca koran, atau bahkan kamu sudah tidak memerlukan lagi Televisi untuk mengakses berbagai macam informasi dari manapun.

Lebih Memudahkan Pekerjaan

aplikasi internet
wired.com

Banyak pekerjaan yang diuntungkan dan dipermudah oleh kehadiran internet ini. Internet telah merubah wajah dunia dengan berbagai macam inovasi dan perkembangannya yang sangat pesat.

Contohnya ketika kamu hendak mengirim sebuah data proyek kepada klien kamu. Sekarang kamu tidak perlu lagi mengantarkannya ke tempatnya. Cukup dengan memanfaatkan e-mail saja.

Memudahkan Komunikasi

kegunaan internet
pixabay.com

Dampak dari perkembangan internet salah satunya adalah akan memudahkan manusia untuk melakukan komunikasi. Dengan internet ini kita dapat berkirim pesan dengan siapapun, dimanapun berada.

Sarana Pendidikan Jarak Jauh

pendidikan
pixabay.com

Saat ini banyak instansi pendidikan yang menerapkan sistem online. Banyak orang yang mulai sadar bahwa kemampuan internet dalam menyimpan data melakukan berbagai pengelolaan data secara masif dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai macam hal yang produktif.

Banyak dari universitas yang mulai menggunakan sistem online untuk memberikan materi dan tugas-tugas kepada para mahasiswanya. Penggunaan sistem online ini dinilai cukup efektif dan efisien untuk pengajar dalam menganalisa perkembangan anak didiknya.

Kemudian sistem ini semakin berkembang ke sekolah sekolah mulai dari SMA, SMP bahkan di tingkat SD-pun sudah mulai menerapkan sistem online ini. Sejarah internet benar-benar telah mempengaruhi sistem pendidikan di sekolah modern saat ini.

Sebagai Sarana Belajar Bahasa Asing

manfaat intranet
pixabay.com

Dengan internet, kita bisa belajar bahasa Inggris secara berkala ataupun secara intensif. Penggunaan bahasa asing di dalam beberapa artikel memaksa kita untuk mempelajarinya untuk mendapatkan poin penting yang kita butuhkan.

Bagi kita, manusia yang hidup di zaman globalisasi ini, penguasaan bahasa asing menjadi salah satu unsur terpenting. Banyak informasi dan berbagai istilah yang menggunakan bahasa asing. Apabila kita tidak menguasai bahasa asing ini, maka bukan tidak mungkin kita akan kesulitan dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Kamu bisa belajar bahasa Inggris menggunakan fitur yang salah satu ada di salah satu website belajar bahasa asing. Sebut saja nama aplikasinya duolingo atau masih banyak yang lainnya.

Ketika kamu sedang membaca panduan atau tips dari Internet yang bersumber dengan artikel bahasa Inggris, maka sudah barang tentu kamu harus memahaminya perkata. Nah, dari sinilah kamu akan belajar bahasa Inggris tanpa kamu sengaja sebelumnya.

Dari sini, nantinya kamu dapat mengembangkan penguasaan kosa kata bahasa asing yang sebelumnya tidak kamu ketahui.

Jadi, sedikit banyak kamu pasti belajar bahasa asing. Di google juga terdapat fitur yang melayani penerjemahan ratusan bahasa asing yang diberikan oleh google.

Sehingga, kamu akan sangat dipermudah untuk menerjemahkan berbagai macam artikel bahasa asing yaitu dengan fitur google translate.

Menumbuhkan Kemandirian

sejarah singkat perkembangan internet
pixabay.com

Ketika seorang sudah paham tentang potensi yang bisa ia dapatkan dari internet, seseorang cenderung ingin melakukan banyak hal tanpa banyak merepotkan orang lain. Ia akan menganggap bahwa internet adalah salah satu lumbung ilmu yang masih bisa dieksplor secara luas.

Ketika hendak melakukan sesuatu, seseorang akan banyak membuka petunjuk dari internet untuk dapat bertindak lebih cepat. Tetapi tentunya harus tetap selektif untuk menggali informasi di internet. Karena informasi dari Internet ada yang valid, dan ada pula kurang valid.

Media Untuk Hiburan

fungsi internet secara umum
pixabay.com

Siapa sangka kalau internet akan menjadi salah satu media hiburan yang paling banyak digunakan oleh manusia sekarang ini. Banyak sekali para pengembangan berlomba-lomba menarik perhatian para maniak game dengan inovasi yang sangat keren.

Tak hanya di bidang game. Kini youtube, instagram, dan facebook adalah salah satu media hiburan yang menyediakan berbagai video viral yang menarik perhatian bagi siapapun yang menatapnya. Dari sinilah pergeseran yang cukup besar mulai terjadi. Seseorang dapat mendapatkan hiburan hanya dengan menggunakan smartphone di dalam genggamannya.

Internet Harusnya Gratis

langkah langlah membuat kesimpulan
pixabay.com

Penggunaan internet seharusnya gratis dilontarkan oleh orang yang sangat terkenal, yakni Mark Zuckerberg, tokoh media sosial fenomenal yang menciptakan facebook. Keinginan mulia ini ia utarakan ketika ia sedang diwawancarai oleh Wired. Menurut Mark, berbagai konten dan layanan yang tersedia di internet seharusnya bisa diakses oleh siapapun tanpa biaya.

Sebenarnya layanan tersebut memang sudah digratiskan, namun yang masih berbayar adalah pada operator penyedia internet yang masih menarik tarif untuk jasa internet tersebut. Zuck mengatakan bahwa sebenarnya apabila pihak operator mau menggratiskan akses internet. Mereka akan mendapatkan penghasilan dari produk lainnya dengan penghasilan yang lebih besar.

Sehingga sampai sekarang, mulai dikembangkan beberapa rancangan untuk membuat proyek internet gratis. Diawali dengan memberikan balon wi fi gratis di beberapa tempat. Hal ini kedepannya akan dikembangkan dengan inovasi lainnya.

 

Kesimpulan

Sejarah internet baik di dunia maupaun di Indonesia akant erus mengalami perkembangan dari tahun ketahun, hal ini dapat disebabkan ditemukannya material baru yang mampu mempercepat akses dan transfer data internet seprti fiber optik mapun teknologi jaringan lainnya.

Demikianlah, sejarah perkembangan internet pada pertemuan kali ini. Semoga kamu sekalian mampu mengambil pertemuan pada pertemuan kali ini

Terimakasih.

Leave a Comment