Berbagai Jenis Sumber Energi Alternatif Yang Bisa Menggantikan Energi Bahan Bakar Fosil

Apakah kalian tahu kalau hampir semua energi yang kita gunakan sehari-hari. Baik itu listrik, bensin, bahkan gas untuk memasak semuanya berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?

Namun,

Sampai kapan hal itu dapat berlangsung dengan menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? 20 tahun? 50 tahun? atau 100 tahun?

Untuk itu maka perlulah kita mulai memikirkan sumber energi alternatif sebagai salah satu langkah awal dalam memperbaiki dan mempersiapkan diri saat terjadinya krisis energi. Sebagai contoh dengan menggunakan sumber energi alternatif semisal matahari.

Matahari adalah sumber energi terbesar di dunia. Sumber energi ini juga menjadi sumber energi utama bagi kelangsungan hidup manusia maupun makhluk hidup lain yang ada di bumi. Energi yang dihasilkan oleh matahari sendiri berupa pancaran sinar yang panas.

Nah, panas dari matahari ini sangat bermanfaat dan bahkan dibutuhkan oleh seluruh umat manusia. Hal ini juga yang membuat banyak orang memanfaatkan sumber energi ini. Beberapa contoh pemanfaatan energi matahari adalah digunakan untuk menjemur pakaian, mendapatkan vitamin E, dan bahkan energi matahari juga bisa dijadikan listrik.

Meskipun matahari menjadi sumber energi utama di bumi, namun manusia masih membutuhkan sumber energi alternatif. Fungsi dari sumber energi ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama pada saat malam hari.

Apa Itu Energi Alternatif?

pixabay.com

Bicara soal energi alternatif, sumber energi alternatif adalah semua energi yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber energi dengan bahan bakar konvensional energi alternatif juga lebih merujuk pada suatu teknologi yang dapat digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi yang baru.

Adanya energi alternatif tentunya menjadi komponen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini. ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh energi alternatif sehingga banyak manusia yang mulai menggunakannya.

Manfaat Energi Alternatif Bagi Kehidupan Manusia

pixabay.com

Di zaman yang sudah semakin maju dan modern, sudah banyak negara maju yang memanfaatkan potensi dari sumber energi alternatif yang ada di bumi. Negara-negara ini juga memanfaatkan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi bumi di kemudian hari.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari sumber energi ini karena energi ini memang sangat membantu manusia. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sumber energi alternatif memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. adapun manfaat dari energi alternatif ini secara umum adalah sebagai berikut:

1. Energi alternatif bisa digunakan untuk menggantikan sumber energi utama.

2. Energi alternatif dapat menghasilkan listrik yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

3. Energi alternatif juga bisa diperbarui, misalnya bahan bakar minyak yang saat ini dalam bentuk bensin.

4. Energi alternatif dapat menggerakkan kendaraan yang digunakan oleh manusia.

5. Mampu menggantikan menggunakan bahan bakar fosil yang bisa habis dan menyebabkan pemanasan global dengan menggunakan energi biomassa.

6. Dapat mengubah bahan kimia menjadi energi listrik.

7. Perawatan teknologi juga menjadi lebih mudah.

8. Dapat digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dengan menggunakan energi matahari.

BACA JUGA   Ciri Ciri Makhluk Hidup, Pengertian, Penjelasan, Beserta Contohnya... Skuy Dibaca

Untuk Anda yang ingin mengetahui manfaat dari energi alternatif secara khusus, yuk langsung saja kita menuju ke penjelasan selanjutnya yakni Contoh Sumber Energi Alternatif.

Contoh Sumber Energi Alternatif

pixabay.com

Jika dilihat berdasarkan contohnya, energi alternatif dibagi menjadi 14 jenis yang ada dan digunakan oleh manusia saat ini. adapun 14 jenis energi alternatif ini akan dijelaskan selengkapnya sebagai berikut.

1. Panas Matahari Sebagai Alternatif Energi Terbarukan

pixabay.com

Matahari adalah sumber energi yang paling utama bagi kehidupan manusia. Matahari menghasilkan sebuah energi dalam bentuk pancaran sinar dan juga panas yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Salah satu manfaat besar yang dimiliki oleh matahari adalah ia bisa diubah menjadi energi listrik. Adapun listrik yang dihasilkan dengan menggunakan energi matahari adalah dibantu dengan menggunakan sel surya yang mana di sana terdapat beberapa rangkaian panel unsur semikonduktor atau yang kita sebut dengan panel surya.

Selain itu, energi matahari juga tidak akan habis karena selalu ada sepanjang hari. Tidak hanya itu saja, manfaat lain yang dimiliki oleh sinar matahari juga bisa digunakan untuk menjemur pakaian, membuat garam, membuat ikan asin dan masih banyak lainnya.

2. Jadikan Panas Bumi (Geothermal) Menjadi Pembangkit Listrik

pixabay.com

Selain matahari, energi alternatif lainnya yang bisa digunakan oleh manusia adalah sumber energi alternatif panas bumi. Energi ini berasal dari dalam bumi yang mana biasanya akan muncul akibat aktivitas vulkanik dari gunung berapi.

Energi ini sendiri memiliki tiga sumber utama panas geotermal yakni panas uap alam, air panas dan juga bebatuan kering dan juga panas. Dalam pemanfaatannya, air panas sendiri dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam.

Namun, untuk pembangkit listrik tenaga air panas hingga saat ini masih belum ditemukan dan masih dalam penelitian. Sedangkan batuan kering panas sendiri merupakan sumber energi panas bumi terbesar yang disediakan oleh alam. Namun pemanfaatannya digunakan untuk apa hingga saat ini masih terus diteliti.

3. Memanfaatkan Angin Sebagai Sumber Energi Terbarukan

kompas.com

Tahukah Anda jika angin juga termasuk kategori sumber energi alternatif lho. Sumber energi ini berasal dari hembusan angin yang diolah menjadi suatu energi yang besar. di beberapa negara, angin diubah menjadi berbagai jenis energi.

Misalnya saja di Belanda, angin ini dibuat menjadi kincir angin yang nantinya digunakan untuk memompa air irigasi ke pertanian. Nah, ukuran dari kincir angin di Belanda juga sangat besar dan tentunya berat.

Hal inilah yang membuat kincir ini terlihat lambat, namun dibalik hal itu, ternyata kincir ini mampu menghasilkan energi yang sangat besar. Energi inilah yang nantinya juga bisa diubah menjadi energi listrik. Adapun caranya adalah disambungkan dengan generator.

Saat energi angin ini diubah menjadi listrik, maka ia akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu, hasil energi ini juga tidak menimbulkan limbah seperti energi pada umumnya.

4. Hydropower Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

sumber energi alternatif
pixabay.com

Hydropower juga menjadi salah satu sumber energi alternatif yang bisa digunakan. Adapun sumber energi ini berasal dari kekuatan air yang cara melakukannya adalah dengan membendung sungai.

Setelah air tersebut dibendung, maka nantinya mereka akan digabungkan dengan pipa air yang diarahkan menuju ke turbin. Prinsip utama yang dimiliki oleh pembangkit listrik tenaga air ini adalah bagaimana air tersebut jatuh serta berapa banyak jumlah air yang mengalir di turbin.

Karena hal inilah hasil listrik yang dihasilkan melalui energi ini sangat dipengaruhi oleh pasokan air yang ada. PLTA ini juga membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Hal inilah mengapa biasanya PLTA dibangun di sekitar waduk, ataupun danau.

5. Sumber Energi Alternatif Gas Alam

sumber energi alternatif
caspiannews.com

Gas alam juga menjadi salah satu sumber energi alternatif yang digunakan oleh manusia. Gas alam sendiri merupakan kumpulan gas yang terkandung di dalam tanah. Dalam gas ini terdiri atas campuran hidrokarbon yang mana mereka memiliki tekanan yang tinggi.

BACA JUGA   Jangka Sorong, Carang Membaca, Cara Menghitung, Jenis, Bagian-Bagian, dan Contoh Soal

Adapun gas alam yang sudah berhasil diolah, biasanya dikenal oleh manusia dengan istilah gas elpiji. Gas ini digunakan sebagai salah satu bahan bakar untuk memasak. Tidak hanya itu, gas elpiji juga bisa digunakan sebagai bahan bakar bermotor lho. Bahkan gas ini juga digunakan untuk menjalankan mesin-mesin yang ada di pabrik.

Saking bermanfaat nya, kini sumber energi alternatif ini juga sudah banyak digunakan. Bahkan ada juga pembangkit listrik tenaga gas yang mengubah gas alam menjadi listrik.

6. Sumber Energi Alternatif Hidrogen

sumber energi alternatif
egear.be

Tahukah Anda jika sumber energi alternatif hidrogen ini bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar motor atau BBM. Bahkan diklaim bahwa energi ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan BBM yang biasa kita gunakan.

Mengapa demikian? Sebab, hidrogen dalam penggunaannya tidak akan menghasilkan polusi layaknya penggunaan BBM.  Tidak hanya itu, persediaannya yang sangat banyak membuat energi ini tidak mudah cepat habis.

Adapun untuk membuat energi ini adalah dengan menggunakan air yang nantinya berbentuk seperti bensin. Sayangnya, untuk menggunakan energi hidrogen dibutuhkan banyak energi.

Jika energi yang digunakan untuk membantu menggunakan energi hidrogen dengan menggunakan bahan bakar fosil. Maka keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan energi ini lebih minimal karena ia harus terus diperbarui.

7. Sumber Energi Alternatif Biomassa

sumber energi alternatif
jurnalsumatra.com

Selanjutnya adalah energi alternatif biomassa. Energi ini adalah sumber energi yang berasal dari tumbuhan maupun kotoran hewan. Energi ini dapat dihasilkan baik dengan cara dibakar maupun diubah menjadi bahan lain agar dalam proses pembakaran menjadi lebih mudah.

Adapun sumber dari energi ini sendiri berasal dari semua makhluk hidup yang ada di muka bumi. Misalnya saja dari pembuangan kotoran manusia dan hewan. Nah, gas yang keluar dari kotoran inilah yang disebut dengan biogas.

Sumber energi alternatif biofuel merupakan sumber energi yang berasal dari berbagai jenis nabati. Misalnya saja seperti jagung, tanaman jarak, dan masih banyak lainnya.

Nah, energi-energi ini nantinya akan dibakar dan diubah menjadi bahan bakar nabati atau disebut juga dengan istilah BBN. Adapun bahan bakar nabati sendiri termasuk dalam jenis bahan bakar biodiesel yang biasanya dibuat dengan menggunakan minyak nabati.

Hanya saja bahan bakar ini memiliki kelemahan yang mana tidak cocok digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan daya dan juga kecepatan yang tinggi.

8. Sumber Energi Alternatif Tidal (Gelombang Bawah Laut)

sumber energi alternatif
marineenergy.biz

Tidal adalah salah satu sumber energi alternatif yang berasal dari pasang surut air laut. Keberadaan energi ini sudah lama ditemukan hanya saja masih sangat asing di telinga masyarakat umum.

Jika dibandingkan dengan energi surya dan angin, energi tidal memang jarang dikenal orang. Meskipun demikian, ternyata energi ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh energi lainnya.

Salah satu keunggulan tersebut adalah ia memiliki suatu aliran energi yang mudah untuk diprediksi. Tidak hanya itu, energi ini juga lebih hemat serta tidak membutuhkan teknologi yang rumit.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki oleh energi ini adalah ia membutuhkan alat konversi yang canggih dan andal, serta mampu bertahan lama di laut. Seperti yang diketahui bahwa alat yang dimasukkan ke dalam laut lebih mudah mengalami korosi.

9. Energi Alternatif Gelombang Laut (wave energy)

sumber energi alternatif
journallic.com

Berbeda dengan energi tidak yang mengandalkan pasang surut air laut, energi alternatif gelombang laut ini memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh gelombang yang besar.

Energi ini juga bisa diubah menjadi energi listrik lho. Adapun prinsip kerjanya sendiri adalah dengan mengumpulkan energi dari gelombang laut yang nantinya digunakan untuk memutar turbin dari generator.

Beberapa negara juga sudah memanfaatkan energi gelombang laut lho. Bahkan manfaatnya juga sangat terasa dibandingkan dengan gelombang laut yang tidak digunakan untuk apa-apa.

BACA JUGA   Struktur atom, Model atom, Teori atom, Bentuk Atom

10. Energi Alternatif Biodiesel

sumber energi alternatif
fleetio.com

Biodiesel merupakan salah satu sumber energi alternatif yang sudah banyak dibicarakan oleh masyarakat di dunia. Energi ini adalah energi pengganti dari bahan bakar fosil.

Menariknya lagi, kabarnya sudah ada negara maju yang mencoba menggunakan energi biodiesel dengan tujuan agar tidak ketergantungan dengan BBM sebagai bahan bakar kendaraannya.

Adapun energi biodiesel sendiri berasal dari tumbuhan dan juga lemak binatang yang berhasil dimanfaatkan. Selanjutnya lemak ini dicampur dengan menggunakan bahan lain.

Selain itu, kelebihan yang dimiliki oleh energi ini adalah ia sangat ramah lingkungan, padat menghilangkan gas emisi buang serta mudah untuk diperbarui. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa energi ini sangat cocok untuk menggantikan energi fosil.

11. Energi Alternatif Etanol

sumber energi alternatif
interregmedeea.eu

Etanol atau yang lebih dikenal dengan etil alkohol merupakan salah satu sumber energi alternatif yang terbuat dari alkohol yang sudah melalui proses fermentasi dari tumbuhan tertentu.

Biasanya hal ini bisa ditemukan pada tumbuhan gandum dan jagung. Adapun salah satu negara maju yang sudah mencoba membuktikan dan menggunakan energi ini adalah negara Brazil.

Bahkan brazil juga menjadi negara nomor 1 yang sudah berhasil menggunakan etanol sebagai bahan bakar pengganti untuk kendaraannya. Bahkan, negara ini juga mampu mengembangkan penggunaan energi ini dengan sangat baik.

Kurang lebih sebanyak 15 miliar energi etanol berhasil dihasilkan oleh negara ini setiap tahunnya. Ini juga yang membuat negara ini kini sudah tidak lagi berketergantungan dengan BBM.

12. Energi Alternatif Metanol

sumber energi alternatif
autotimesnews.com

Hampir sama dengan etanol, metanol atau singkatan dari metil alkohol merupakan suatu bahan bakar alkohol yang dihasilkan oleh kayu.

Metanol sendiri terdiri dari metanol murni dan juga metanol yang sudah dicampur dengan bensin. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sumber energi alternatif metanol adalah ia tidak bisa mengakibatkan terjadi korosi pada mesin kendaraannya

13. Energi Alternatif Piezoelektrik (energi mekanik)

listrikindonesia.com

Masuk ke sumber energi alternatif berikutnya adalah energi alternatif piezoelektrik. Ini adalah suatu sumber energi yang dapat menghasilkan listrik dari proses perubahan energi mekanik.

Energi ini akan sangat baik jika ia diletakkan di tempat yang umum. Misalnya saja di lantai stasiun kereta api atau di rumah disco. Beberapa negara yang sudah menggunakan energi ini adalah Jepang dan Inggris.

Adapun sumber energi ini sendiri memiliki prinsip kerja yakni tekanan yang dihasilkan oleh orang-orang yang berada di atasnya akan diubah menjadi energi listrik. Tujuan dari penggunaan energi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik di sekitar lokasi tersebut.

14. Energi Alternatif Energi Nuklir (Uranium)

sumber energi alternatif
pixabay.com

Energi nuklir dihasilkan oleh sebuah reaksi besar yang berasal dari bahan-bahan radioaktif yang terjadi pada sebuah bahan reaktor. Energi ini juga termasuk kategori energi yang sangat besar.

Contohnya adalah 1 gr zat radioaktif dapat menghasilkan energi listrik sebanyak 50 ribu kwh/jam. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa energi ini sangat cocok dijadikan sebagai energi penghasil listrik.

Tidak hanya itu, energi nuklir juga tidak memancarkan gas pada rumah kaca, sehingga menggunakan energi nuklir tidak mengakibatkan terjadinya pemanasan global.

Karena kelebihan yang dimiliki inilah sudah banyak negara mau yang mencoba menggunakan energi nuklir untuk menghasilkan listrik. Salah satu negara tersebut adalah jepang. Bahkan, seluruh wilayah di jepang menggunakan energi nuklir sebagai sumber penghasil listriknya.

Kesimpulan

Ada banyak sekali contoh sumber energi alternatif yang ada di dunia ini. dengan belajar dan mengetahui tentang energi alternatif, maka sebagai manusia kita menjadi pribadi yang lebih bijak, terutama dalam menggunakan energi yang ada di sekitar. Ingat! Energi yang saat ini digunakan tidak sepenuhnya ada dan bisa habis jika manusia terlalu serakah dalam menggunakannya.

Leave a Comment