Ciri Ciri Makhluk Hidup, Pengertian, Penjelasan, Beserta Contohnya… Skuy Dibaca

Ciri – Ciri Makhluk Hidup – Pada lapisan bumi bagian atas merupakan tempat tinggal bagi makhluk hidup. yang termasuk dalam kategori makhluk hidup adalah manusia, hewan dan juga tumbuhan yang hidup di bumi. Ada banyak sekali jenis makhluk hidup yang ada di muka bumi ini jika dilihat dari klasifikasi makhluk hidupnya.

Secara umum, pengertian dari makhluk hidup merupakan suatu jenis organisme yang hidup dan menghirup udara dengan proses respirasi serta memiliki ciri-ciri makhluk hidup lainnya. Definisi makhluk hidup juga sangat luas, terlebih jika memperhatikan organisme kecil lainnya seperti bakteri, virus dan juga jamur.

Karena hal inilah, makhluk hidup dibedakan menjadi klasifikasi kingdom. Maksudnya adalah untuk mengetahui kekeluargaan dari makhluk hidup tersebut dengan kemiripan yang dimiliki. Dengan adanya klasifikasi kingdom, maka pemisahan makhluk hidup akan jauh lebih mudah hingga menemukan spesies nya.

Makhluk hidup yang memiliki kekerabatan dengan makhluk hidup lain biasanya memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya seperti bertulang belakang, jenis pernapasannya, tempat hidupnya, cara berkembang biaknya dan masih banyak lainnya.

Setiap kingdom juga memiliki ukuran, kebiasaan, bentuk, ekosistem yang berbeda dengan kingdom lainnya. Meskipun demikian, ciri-ciri makhluk hidup tetaplah sama. Jika makhluk hidup tidak memiliki salah satu ciri-ciri ini, maka ia tidak bisa dikatakan sebagai makhluk hidup.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup

enjiner.com

Ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup juga bisa digunakan untuk membedakan antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup berdasarkan karakteristiknya. Hal ini juga sangat penting karena dengan adanya ciri-ciri makhluk hidup ini dapat diklasifikasikan berdasarkan dengan kingdomnya sendiri.

Untuk ciri-cirinya sendiri terdapat 9 macam yang akan dikupas secara lengkap dan mendalam di bawah ini. untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda bisa simak semuanya di bawah ini.

1. Bernapas (Respirasi)

pixabay.com

Setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi ini bernapas, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan. Pada manusia proses bernapas diartikan sebagai memasukkan oksigen ke dalam paru-paru dan mengeluarkannya dalam bentuk karbondioksida.

Jadi, bernapas di sini bisa dikatakan sebagai proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida yang dilakukan di dalam paru-paru manusia. Nah, oksigen sendiri digunakan sebagai salah satu komponen penting dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi.

Sisa-sisa dari metabolisme ini akan dikeluarkan oleh paru-paru dalam bentuk karbondioksida melalui hidung. Sedangkan oksigen nantinya akan dialirkan ke seluruh tubuh manusia melalui aliran darah. Sebaliknya karbondioksida dialirkan dari seluruh tubuh menuju paru-paru.

Bernapas (respirasi) tidak hanya diperlukan oleh manusia saja. tumbuhan juga melakukan pernapasan untuk menghasilkan makanan. Hewan juga membutuhkan udara untuk bernapas layaknya manusia.

Dari sini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bernapas menjadi salah satu ciri-ciri makhluk hidup. Selain itu, sistem pernapasan yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup berbeda.

Hal ini akan disesuaikan dengan habitat dan jenis dari makhluk hidup itu sendiri. Misalnya hewan yang berada di darat, maka ia akan bernapas dengan menggunakan paru-paru. Adapun contoh hewan yang bernapas di darat adalah kambing, rusa, harimau, gajah sapi dan masih banyak lainnya.

Lain halnya dengan hewan yang berada di air, maka ia akan bernapas menggunakan insang. contoh dari hewan ini seperti, ikan pari, ikan tuna, ikan tongkol, ikan hias dan masih banyak lainnya. Ada juga hewan yang bernapas dengan menggunakan paru-paru dan insang seperti katak yang hidup di dua tempat.

2. Bergerak

pixabay.com

Ciri-ciri makhluk hidup yang kedua adalah bergerak. Bergerak diartikan sebagai proses berpindahnya sebagian atau seluruh makhluk hidup yang terjadi karena adanya rangsangan internal maupun rangsangan eksternal.

Coba perhatikan hewan kuda dan lumba-lumba. Kedua hewan ini sama-sama bergerak. Namun, mereka memiliki cara bergerak yang berbeda. Jika kuda bergerak dengan cara berlari menggunakan kakinya.

Maka lain halnya dengan lumba-lumba yang bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip dan ekornya. Sama halnya dengan hewan-hewan lain yang bergerak dengan cara melompat, melata, terbang dan sebagainya.

BACA JUGA   Berbagai Jenis Sumber Energi Alternatif Yang Bisa Menggantikan Energi Bahan Bakar Fosil

Nah, alat gerak yang dimiliki oleh makhluk hidup juga bermacam-macam yang lagi-lagi disesuaikan dengan habitat dan jenisnya. Dalam hal ini bisa diartikan bahwa ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak.

Tumbuhan juga bergerak, proses bergeraknya tumbuhan bisa dilihat saat batangnya membengkok menuju ke arah sinar matahari. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan juga memiliki ciri makhluk hidup.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua benda yang bergerak dikatakan sebagai makhluk hidup. sebab untuk dikatakan sebagai makhluk hidup maka ia harus memiliki 9 ciri-ciri makhluk.

3. Membutuhkan Makanan dan Nutrisi

pixabay.com

Manusia membutuhkan makanan setiap harinya, sama halnya dengan makhluk hidup lainnya. Saat manusia lapar, maka ia akan berusaha untuk mencari makanan untuk mengatasi rasa laparnya.

Sama halnya dengan hewan, saat ia kelaparan maka ia akan mencari mangsa untuk dimakan. Tumbuhan juga demikian, mereka juga membutuhkan makanan dan menyerap nutrisi. Hanya saja caranya berbeda dengan manusia dan hewan.

Saat Anda memiliki hewan peliharaan baik itu kucing, kambing, sapi, anjing, ayam, bebek dan lainnya. Bukankah mereka harus di kasih makan agar bisa bertahan hidup. lantas, bagaimana dengan hewan yang ada di alam bebas, siapa yang memberi makanan mereka?

Hewan yang berada di alam bebas akan mencari makanannya sendiri untuk terus melanjutkan hidup. nah, berdasarkan makanannya, hewan dibagi menjadi tiga jenis golongan yakni karnivora yakni hewan pemakan daging, herbivora pemakan tumbuhan dan omnivora pemakan segala.

Sedangkan untuk tumbuhan dalam mendapatkan makanan dan menyerap nutrisi adalah dengan melakukan fotosintesis. Nah, fotosintesis ini terjadi dengan bantuan sinar matahari, air dan juga karbondioksida.

4. Tumbuh dan Berkembang

pixabay.com

Tumbuh dan berkembang juga termasuk ciri-ciri makhluk hidup. kapan makhluk hidup dikatakan tumbuh? Jawabannya adalah ketika tubuhnya bertambah semakin besar dan tinggi.

Nah, perubahan yang terjadi pada tubuh ini dipengaruhi oleh sel-sel di dalam tubuh yang jumlahnya semakin banyak. Akibatnya, volume tubuh juga semakin bertambah. Proses pertumbuhan sendiri bersifat irreversible yang aman Anda akan bertambah tinggi dan tidak akan mungkin kembali menjadi pendek lagi.

Sedangkan berkembang ada suatu proses perubahan yang terjadi menuju ke arah kedewasaan. Misalnya adalah perkembangan katak, awalnya katak berupa telur yang menetas menjadi berudu. Setelah itu ia memiliki ekor dan menjadi katak muda lalu berubah menjadi katak dewasa.

Nah, pertumbuhan yang terjadi pada manusia juga terjadi pada tumbuhan juga. namun untuk pertumbuhan pada hewan dan manusia bersifat terbatas yang mana ketika telah mencapai usia tertentu ia tidak akan tumbuh lagi.

Lain halnya dengan pertumbuhan pada tumbuhan yang mana ia tidak bersifat batasan usia. Karena tumbuhan akan selalu hidup seumur hidupnya dan semakin bertambah tinggi terus menerus.

5. Berkembang Biak (Reproduksi)

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Proses menghasilkan keturunan yang dilakukan oleh makhluk hidup disebut dengan berkembang biak. Anda tentunya sudah tahu bahwa makhluk hidup yang ada di bumi ini tidak akan hidup selamanya.

Nah, untuk melestarikan keturunannya mereka melakukan reproduksi agar jenisnya tidak akan pernah punah. Untuk berproduksi, ada dua cara yang dilakukan oleh makhluk hidup yang pertama adalah vegetatif dan yang kedua adalah generatif.

Vegetatif adalah roses perkembangan biakan makhluk hidup yang terjadi secara seksual. Sedangkan generatif adalah proses perkembangbiakan makhluk hidup yang terjadi secara seksual.

Contoh dai per kembang biakan secara generatif adalah dengan terjadinya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Seperti tumbuhan menghasilkan biji, unggas bertelur, mamalia melahirkan.

Sedangkan contoh perkembangbiakan secara aseksual terjadi tanpa adanya peleburan sel kelamin. Misalnya saja seperti amoeba yang membelah diri. Atau pada tumbuhan seperti stek, cangkok, tempel dan juga merunduk.

6. Peka Terhadap Rangsangan (Iritabilita)

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Agar makhluk hidup bisa terus bertahan hidup, maka ia harus bisa bertahan dan menghadapi setiap perubahan yang ada di dalam lingkungan hidupnya. Sebagai contoh, manusia akan memejamkan matanya secara spontan ketika ada benda yang mendekat secara tiba-tiba menuju ke arahnya.

Sedangkan contoh pada tumbuhan ada pada putri malu. Ketika kita menyentuh daunnya maka, daun putri malu akan menutup daunnya. Atau pada bunga matahari yang selalu mengikuti arah pergergerakan matahari dari terbit sampai terbenam.

Ini karena hewan dan juga manusia memiliki indera yang fungsinya digunakan untuk mengetahui jika ada rangsangan yang datang. Sebagai manusia kita diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa ini lima alat indera atau disebut juga dengan panca indera,

BACA JUGA   Hukum Archimedes: Pengertian / Bunyi Hukum / Contoh Soal / Penerapan

Tuhan memberikan mata kepada manusia untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium aroma, lidah untuk merasakan dan juga kulit untuk meraba.

Sama halnya dengan tumbuhan, tumbuhan juga peka terhadap rangsangan layaknya hewan dan manusia. Contoh rangsangan yang diberikan tumbuhan adalah ia akan bergerak menuju ke arah matahari yang disebut dengan gerak fotonasti.

Akibat dari pergerakan ini, maka batang tubuh dari tumbuhan akan bengkok menuju ke arah matahari. Ada lagi gerakan yang menunjukkan rangsangan tumbuhan yang disebut dengan gerak semimonastic yang terjadi pada puru malu. Daun putri malu akan tertutup apabila tersentuh oleh tangan.

Berdasarkan contoh dan juga penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsangan. Berarti peka terhadap rangsangan masuk dalam ciri-ciri makhluk hidup.

7. Melakukan Metabolisme

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Metabolisme merupakan serangkaian proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. adapun hal yang memiliki kaitan dengan metabolisme dari makhluk hidup adalah pernapasan dan juga ekskresi.

Pada sistem pernapasan yang terjadi pada tumbuhan adanya karbondioksida dan juga air digunakan dalam proses kimia dalam bentuk fotosintesis. Dalam proses ini, air dan juga karbondioksida akan mengalami suatu perubahan yang mengakibatkan terbentuknya oksigen dan glukosa.

Sama halnya dengan tumbuhan, manusia dan hewan juga mengalami metabolisme. Nah, metabolisme bini bertujuan untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk produksi, tumbuh berkembang dan juga bergerak.

Adapun proses dari metabolisme sendiri dibagi menjadi dua yakni katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses metabolisme yang terjadi dengan penguraian senyawa kimia kompleks. Contohnya adalah penguraian gula menjadi air dan karbondioksida pada manusia.

Sedangkan anabolisme merupakan suatu proses metabolisme yang prosesnya mengubah beberapa senyawa organik yang sederhana menjadi senyawa organik yang kompleks. Contoh dari metabolisme ini adalah fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan hijau.

8. Mengeluarkan Zat-Zat Sisa (Ekskresi)

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini baik manusia, hewan maupun tumbuhan mengeluarkan zat-zat sisa yang berbahaya yang dapat meracuni tubuh. Untuk organ ekskresi yang ada pada manusia tentunya berbeda dengan makhluk hidup lainnya.

Pada manusia organ ekskresi terdiri atas paru-paru, anus, ginjal dan juga kulit. Paru-paru mengeluarkan karbondioksida sebagai zat sisa. Kulit mengeluarkan keringat yang terdiri atas urea, garam dan air.

Ginjal mengeluarkan zat-zat sisa yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh dalam bentuk air, garam, dan urea. Sedangkan anus mengeluarkan zat sisa yang bekerja sama dengan sistem pencernaan yang berfungsi untuk mengeluarkan feses.

Sama halnya dengan manusia, hewan juga mengeluarkan ekskresi yang sama dengan manusia. Lantas, bagaimana proses ekskresi yang terjadi pada tumbuhan?

Hasil ekskresi yang dikeluarkan oleh tumbuhan adalah berbentuk gas oksigen yang dikeluarkan melalui stomata dan lentisel. Jadi, hal ini membuktikan bahwa makhluk hidup mengeluarkan zat sisa yang termasuk dalam ciri-ciri makhluk hidup.

9. Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungannya (Adaptasi)

ciri ciri makhluk hidup
biologi.com

Bisa dikatakan bahwa ini adalah ciri-ciri makhluk hidup terakhir dimana ia harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kemampuan ini disebut pula dengan istilah adaptasi.

Adaptasi sendiri merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup pada habitatnya sendiri.

Contoh dari adaptasi yang terjadi pada hewan adalah adanya berbagai macam bentuk paruh dan kaki pada burung. Perubahan ini ternyata berikatan dengan tempat tinggal dan juga jenis makanan yang dimiliki oleh burung.

Lain halnya hewan, maka contoh adaptasi yang terjadi pada tumbuhan ini juga berbagai macam. Hal ini bisa dilihat dari bentuk daunnya yang tumbuh dengan tempat hidupnya. Ini karena tumbuhan hidup di lingkungan yang berair, lembab dan juga kering.

Untuk tumbuhan yang hidup di tempat kering biasanya memiliki ciri-ciri berduri. Sedangkan yang hidup di air biasanya memiliki bentuk daun yang besar. lain halnya yang hidup di tempat lembab biasanya memiliki bentuk daun yang menyirip.

Tidak hanya itu, adaptasi yang terjadi pada makhluk hidup juga bisa berupa perilaku. Misalnya saja saat kuda nil berendam di dalam lumpur saat cuaca yang panas. Tujuannya adalah untuk mendinginkan suhu tubuh kuda nil.

BACA JUGA   Jangka Sorong, Carang Membaca, Cara Menghitung, Jenis, Bagian-Bagian, dan Contoh Soal

Contoh lagi seperti cumi-cumi dan gurita yang mengeluarkan tinta saat ada musuh yang datang. Cicak yang memutuskan ekornya ketika dalam keadaan yang berbahaya untuk mengelabuhi musuh.

Ayam yang saat bertelur kemudian ia terus berbunyi, ayam jago yang berkokok di pagi hari untuk membangunkan manusia. manusia yang berada di lokasi yang baru dan saling mengenal. Tanaman kacang yang merambat menuju ke dahan saat tumbuh dan berkembang dan masih banyak contoh lainnya.

Dari kejadian-kejadian yang sudah disampaikan di atas menunjukkan bahwa makhluk hidup di dunia ini baik itu hewan, manusia maupun tumbuhan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tujuannya adalah satu untuk bisa bertahan hidup sesuai dengan habitatnya masing-masing.

Cara Makhluk Hidup Bertahan Hidup

ciri ciri makhluk hidup
enjiner.com

Setelah megetahui bagaimana ciri-ciri makhluk hidup. Lantas bagaimanakah cara makhluk hidup itu mampu untuk bertahan hidup?

Ternyata ada beberapa faktor yang mambuat makhluk itu dapat bertahan hidup dan faktor tersebut dapat berkembanga atau bertambahn sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dari setiap individu makhluk hidup tersebut. Diantara cara makhluk hidup bertahan hidup antara lain:

1. Memperoleh Makanan

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Makanana merupakan salah satu kebutuhan penting bagi makhluk hidup. Dengan adanya sumber makanan makhluk hidup dapat melangsungkan kehidupannya sebagaimana mestinya.

Dalam menemukan sumber makanan tersebut makhluk hidup terbagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu :

  • Membuat makanannya sendiri seperti tumbuhan.
  • Menjadikan makhluk hidup lain sebagai sumber makanan seperti hewan dan manusia.
  • Membuat makanan dari sisa makhluk hidup yang telah mati seperti bakteri.

2. Memperoleh Air

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Dalam tubuh makhluk hidup lebih dari 50% terdiri dari cairan yang membantu makhluk hidup dalam melangsungkan kehidupan. Tanpa adanya air sebagai sumber kehidupan makhluk hidup makan, dapat dipastikan makhluk hidup tersebut tidak dapat berthana lama sebagaimana mestinya.

Disamping membantu makhluk hidup dalam memperoses makanannya seperti fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan. Adanya air juga mambantu berbagai kegiatan metabolisme dalam tubuh baik itu manusia maupun hewan.

3. Udara

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Salah satu faktor yang membuat makhluk hidup dapat bertahan hidup yaitu dengan adanya udara atau oksigen. Dengan adanya udara ini makhluk hidup dapat bertahan dengan adanya asupan oksigen kedalam tubuh.

Bahkan, untuk memperoleh udara tersebut berbagai makhluk hidup memiliki caranya tersendiri untuk mendapatkan udara yang biasa kita sebut dengan sistem pernafasan seperti:

  • Stomata merupakan alat pernafasan tumbuhan
  • Ingsan merupakan alat pernafasan ikan
  • Paru – paru merupakan alat pernafasan manusia dan hewan
  • kulit merupakan alat pernafasan bagi serangga.

4. Sinar Matahari

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Ternyata sinar matahari menjadi salah satu faktor penting makhluk hidup, kok bisa ?

Karena bagi makhluk hidup dengan adanya sinar matahi mampu memberikan berbagai macam manfaat bagi kehidupan makhluk hidup seperti: Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk membuat makannya, Membantu manusia dalam mengolah pro vitamin D menjadi vitamin D. Dan sebagai penerangan makhluk hidup.

Bahkan, untuk kasus tertentu bagi makhluk hidup mereka bahkan membuat cahanya sendiri sebagai alat bantu penerangan. Seperti Ikan yang ada di laut dalam yang sinar matahari tidak mampu tembus sampai kedalaman tertentu.

5. Tempat Tinggal

ciri ciri makhluk hidup
pixabay.com

Tempat tinggal atau tempat bernaung bagi makhluk hidup juga merupakan salah satu faktor yang diperlukan terkhususnya pada manusia. Dengan adanya tempat tinggal, makhluk hidup dapat merasakan rasa aman serta perlindungan dari beberapa hal.

Seperti manusia memerlukan rumah untuk tempat bernaung dari panas dan hujan serta tempat aman. Hewan memerlukan tempat bernaung baik itu di bawah pohon, di dalam gua, di sela-sela bebatuan. Serta tumbuhan juga membutuhan tanah subur sebagai tempat tinggal agar dapat berkembang dengan baik.

Kesimpulan

Dengan melihat 9 ciri-ciri makhluk hidup yang sudah disampaikan di atas, kini Anda tahu ternyata makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sangat penting. Ciri-ciri ini juga bisa dimanfaatkan untuk membedakan antara makhluk hidup dengan makhluk yang tak hidup dengan melihat karakteristiknya.

Adanya penjelasan ini juga semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda dan bisa menambah wawasan terutama tentang makhluk hidup. so, semoga artikel ini bisa membantu dan terima kasih.

Leave a Comment