Contoh Surat Izin Untuk Orang Sakit, Berhalangan, Orang tua, Acara Keluarga, Keramaian, Usaha, dan Mengadakan Acara

Memiliki halangan baik berupa sakit, urusan keluarga, urusan kantor, maupun perizinan untuk acara memang tidak dapat dihindari. Akan ada saat dimana kita harus meminta izin kepada sekolah, masyarakat, maupun tempat kerja kita dikarenakan udzur tersebut.

Karena hal tersebut septatutnya kita mengetahui cara membuat surat izin yang baik dan benar. Karena bisa jadi, kita atau keluarga kita akan memerlukan contoh surat izin yang akan kita bahan pada pertemuan kali ini.

Untuk itu kita akan membahas beberapa hal terkait dengan surat izin. Mulai dari struktur bahasa, ragam, jenis bentuk, dan cara membuatnya yang akan kita ahas disertai dengan berbagai contoh yang akan membantu kalian dalam membuat surat izin.

DAFTAR ISI

Apa Itu Surat Izin ?

contoh surat izin
pixabay.com

Sesuai dengan pertanyaan diatas, apa itu surat izin. Surat izin sendiri merupakan salah satu jenis surat semi-resmi yang digunakan untuk memberitahukan kepada pihak yang bersangkutan jika sedang berhalangan.

Kenapa semi-resmi ?

Karena surat ini dapat menjadi surat tidak resmi alias pribadi dan dapat juga menjadi surat resmi. Tergantung siapa yang mengeluarkan jenis surat ini dan ditujukan untuk siapa surat ini dikeluarkan.

Sehingga, surat resmi ialah surat yang ditujukan untuk meminta izin atas suatu keperluan yang membuat orang tersebut tidak dapat hadir pada jenjang waktu tertentu.

Kenapa Surat Izin Diperlukan ?

contoh surat izin sakit
pixabay.com

Ada berjuta manfaat yang didapatkan dari surat izin yang dibuat. Tidak hanya membantu sebagai surat keterangan karena berhalangan ataupun karena urusan lainnya.

Dengan adanya surat izin akan membantu kita maupun anak kita saat berhalangan untuk masuk kerja maupun kantor.

Disisi lain, dengan adanya surat izin ini akan menjadi penguat dan sebagai payung hukum saat seseorang membuka usaha dan saat melaksanakan acara di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, surat izin akan membantu kita saat anak tidak dapat masuk sekolah karena sakit maupun urusan kelurga yang tidak akan mengurangi nilai raport nya.

Mahasiswa yang membutuhkan surat izin saat akan melaksanakan acara UKM maupun kegiatan mahasiswa ditengah masyarakat. Sehingga, akan memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya.

Ataupun untuk keperluan kantor dalam membuat surat izin usaha ataupun memerlukan surat izin dalam melakukan perjalanan dinas.

Jenis Jenis Surat Izin

contoh surat izin
sipas.id

Berdasarkan dari jenis ban macamnya surat izin dapat dibagi menjadi beberapa macam. diantara jenis-jenis surat izin yang anyak beredar dimasyarakat antara lain:

1. Surat Izin Usaha

contoh surat izin usaha
pixabay.com

Surat izin ini merupkan surat izin yang dikeluarkan oleh parang pengusaha yang ingin memulai usaha disuatu lokasi tertentu. Dengan adanya surat izin usaha ini akan membantu orang yang akan membuka usaha mendapat payung hukum. Serta izin dari pengurus daerah setempat.

Berikut ini adalah berkas persyaratan yang diperlukan dalam mengurus surat izin usaha:

a. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 lembar;
b. Fotocopy bukti pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebanyak 1 lembar;
c. Pas foto berwarna 3×4 cm sebanyak 1 lembar;
d. Akta Pendirian Usaha bagi Koperasi, CV atau badan usaha lain yang memerlukan;
e. Undang – Undang Gangguan/Keramaian bagi badan usaha yang memerlukan.

Adapun prosedur yang dilakukan untuk mengurus surat izin adalah sebagai berikut:

a. Mendapat izin tertulis dari tetangga kanan, kiri, depan, dan belakang.
b. Mengurus Surat Keterangan Domisili Usaha di kelurahan atau kecamatan setempat.
c. Mengurus surat izin di tingkat Kabupaten/Kota.
d. Membayar biaya izin dan leges berdasarkan Perda No.17/PD/1976 dan Perda No.35/PD/1977.

Disamping itu surat izin usaha terdapat banyak jenisnya serta dibedakan dari jenis besarnya omset dan skalabilitas usaha tersebut mencakup. Maka, surat izin usaha dibedakan menjadi:

a. Surat Izin Prinsip (SIP)

Surat Izin Prinsip atau yang bisanya kita sebut sebagai SIP. Dimana, SIP sendiri merupakan surat izin usaha yang ditujukan kepada pengusaha atau calon pengusaha, serta investor yang pada usaha suatu daerah yang akan membuka usahanya didaerah tertentu.

Tetapi, dalam pembuatan SIP ini tidak sembarangan dalam pembuatannya. Dikarenakan SIP hanya diberikan kepada pengusaha yang membuka usaha yang bertujuan untuk memajukan daerah tersebut.

b. Surat Izin Usaha Industri (SIUI)

SIUI merupakan Surat izin usaha industri yang dutujukan untuk pengusaha skala kecil menengah dengan syarat harus memiliki modal industri 5 – 200 juta.  Surat izin ini sebagai legalitas usaha pada suatu daerah yang ingin mengembangkan usahanya menjadi sektor industri kecil menengah.

Agar mendapatkan surat izin usaha industri ini ialah dengan melengkapi berkas permohonan usaha kepada kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah Tingkat II Kabupaten atau Kota setempat. Atau dapat langsung kepada tingkat I jika usaha yang dijalankan sudah mulai berkembang dengan baik.

c. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat izin usaha perdagangan atau SIUP merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh kanotr pelayanan perizinan setempat di seluruh wilayah Republik Indonesia. Berkas  ini ditujukan kepada perusahaan, persekutuan, pabrik, maupun persero agar mendapatkan legalitas usaha dan perdagangan serta meamasrkan produk mereka  baik skala kecil maupun skala nasional.

SIUP sendiri terdiri dari tiga jenis

  • Pertama, SIUP Kecil merupakan surat izin perusahaan yang dikeluarkan jika kekayaan atau modal perusahaan dengan hasil bersih berada dibawah angka 200 juta. Dengan tanpa menghitung tanah dan bangunan perusahaan.
  • Kedua, SIUP Menengah ialah surat izin usaha yang dikeluarkan untuk pelaku usaha yang memiliki hasil kekayaan tanpa menghitung tanah dan bangunan. Dimana, berkisar antara Rp. 200 juta s/d Rp. 500 juta.
  • Ketiga, SIUP Besar merupakan surat izin usaha yang diberikan kepada pelaku usaha dan perdagangan yang memiliki modal kekayaan diatas 500 juta tanpa menghitung bangunan dan tanah tempat usaha.

d. Izin BPOM

Bagi pelaku usaha yang berkecimpung pada bidang makanan, kosmetik, serta obat-obatan harus memiliki izin BPOM dari kementrian Badan Pengawas Obat dan Makanan. Untuk mendapatkan izin BPOM ini harus Gedung B kantor BPOM yang berada di Jln. Percetakan Negara No. 23, Jakarta Pusat.

Dengan memilii izin BPOM tersebut, pengusaha yang bergerak dibidang industri makanan dan obat-obatan dapat terlindungi dengan baik.

2. Surat Izin Sakit

contoh surat izin sakit
kompasiana.com

Surat izin sakit merupakan surat izin yang paling banyak dibuat untuk kegiatan akademisi seperti sekolah, kampus maupun perkantoran.

Hal  ini dikeluarkan karena orang yang bersangkutan tidak bisa hadir dikarenakan sakit. Surat sakit dapat dikeluarkan oleh orang tua / wali murid kepada sekolah. Atau bahkan dapat dikeluarkan oleh pihak Rumah Sakit ketika surat tersebut untuk instansi dan perkantoran.

3. Surat Izin Berhalangan

surat izin berhalangan
berdu.id

Surat izin tidak masuk kerja merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh pelajar maupun pekerja kepada sekolah dan tempat kerja dikarenakan sedang berhalangan.

Ada banyak faktor yang dapat menghalangi seseorang untuk hadir. Dapat berupa sakit, urusan keluarga, maupun perjalanan dinas.

4. Surat Izin Mengadakan Acara

surat izin mengadakan acara
dekorrumah.net

Surat ini merupakan surat izin yang digunakan untuk meminta izin kepada instansi terkait yang umumnya merupakan masyarakat sekitar tempat acara tersebut akan diadakan.

Dengan memberikan surat izin mengadakan acara tersebut akan membantu masyarakat dan warga sekitar bahwa akan diadakan suatu kegiatan. Sehingga, ketika terjadi suatu kebisingan mauapaun gangguan jalan. warga sekitar telah mengetahui dan mengantisipasi.

Umumnya surat ini diberikan ke aparat pengamanan, RT, RW samapai ke setiap rumah yang berada di radius sekitar lokasi acara tersebut diselenggarakan.

5. Surat Izin Keramaian

surat izin keramaian
res.muenchen-p.de

Surat izin keramaian merupakan surat izin yang diberikan kepada warga sekitar tempat acara yang akan dilaksanakan. Surat keramaian ini bertujuan untuk memberitahu kepada warga sekitar bahwa ditempat tersebut akan ada keramaian atau berpotensi menimbulkan keramaian.

BACA JUGA   Contoh CV yang Baik dan Benar yang Bisa Diterapkan Sebagai Lamaran Kerja

PROSEDUR PEMBUATAN SURAT IJIN KERAMAIAN

A. INFORMASI MEKANISME PENERBITAN SURAT IJIN KERAMAIAN
Kapolri No. Pol / 02 / XII / 95 tentang perizinan dan notifikasi kegiatan masyarakat
Dalam hal ini Kegiatan yang dimaksud adalah:
1. Pertunjukan band musik / dangdut
2. Wayang Kulit
Ketoprak
4. Dan pertunjukan lain
PERSYARATAN PENERBITAN SURAT IJIN KERAMAIAN
1. Izin Perdamaian yang membawa massa 300 – 500 orang (Kecil)
Sebuah. Surat Keterangan dari kelurahan setempat
b. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Haji 1 (satu) Lembar
c. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang memiliki haji 1 (satu) lembar
2. Izin Perdamaian yang membawa massa lebih dari 1000 orang (besar)
d. Surat Permohonan Izin Perdamaian
e. Proposal kegiatan
f. Identitas Penyelenggara / Penanggung Jawab
g. Izin Tempat beraktivitas
B. INFORMASI PENERBITAN IJIN KERAMAIAN DENGAN KEMBANG API
Dasar Menerbitkan izin orang banyak menggunakan Fireworks:
1. Pasal 510 KUHP Perdamaian Publik.
2. Bimbingan pelaksanaan Kapolri No.Pol: juklak / 29 / VII / 1991 Tanggal 23 juli1991 tentang Pengawasan, Pengawasan dan Pengamanan Bahan Peledak Non-Organik ABRI.
3. Kepala Polisi Lapangan no. Pol: Juklap / 02 / XII / 1995 / Tentang Perizinan dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat.
PERSYARATAN PENERBITAN IJIN KERAMAIAN DENGAN KEMBANG API
1. Permohonan Pemohon tentang pelaksanaan Kembang Api, yang meliputi:
Sebuah. Pesta kembang api digunakan dalam acara apa?
b. Jumlah dan Jenis Kembang Api
c. Waktu / Durasi Kembang Api
d. Identitas Fireback Firm
e. Identitas Aktivitas yang Bertanggung Jawab
f. Izin Pelaksanaan Pihak Kembang Api
g. Rekomendasi dari polisi setempat
2. Izin Impor (asal kembang api) yang diimpor untuk kegiatan tersebut.
C. INFORMASI PENERBITAN PERIJINAN PENYAMPAIAN PENDAPAT DI MUKA UMUM
1. Dasar: UU No. 9 Th 1998 tentang Kebebasan Berekspresi Opini Publik
2. Bentuk opini publik:
Sebuah. Demonstrasi / Demonstrasi
b. Parade
c. Pertemuan umum
d. Tribun gratis
3. Pembukaan Opini Publik disampaikan secara terbuka dan tidak membahayakan keselamatan publik. Ketentuan pengajuan opini publik. Mohon informasikan kepada Kepolisian dari:
ah. Maksud dan tujuan
b. Lokasi dan rute
c. Waktu dan durasi pelaksanaan
d. Bentuk
e. Bertanggung jawab / Korlap
f. Nama dan alamat organisasi, kelompok dan individu.
g. Alat peraga digunakan
h. Jumlah peserta.
4. Pembatalan pengajuan opini publik harus disampaikan secara tertulis selambat-lambatnya 24 jam sebelum eksekusi.
5. Setelah menerima pemberitahuan mengenai kegiatan advokasi pandangan sebelumnya, Polri harus:
a. Berikan tanda terima catatan
b. Berkoordinasi dengan orang yang bertanggung jawab atas penyampaian opini publik
c. Berkoordinasi dengan pimpinan, instansi / lembaga yang tujuan penyampaian pendapat
d. Siapkan keamanan lokasi dan rute rute.
e. Bertanggung jawab untuk melindungi peserta dalam opini publik
f. Bertanggung jawab untuk mengorganisir Keamanan.
6. Sanksi – sanksi yang diperoleh jika tidak sesuai dengan ketentuan meliputi:
a. Dibubarkan jika tidak memenuhi syarat
b. Tindakan melanggar hukum dalam mengenakan sanksi hukuman sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
c. Orang yang bertanggung jawab melakukan tindak pidana, dalam hukum pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku ditambah sepertiga dari pokok penalti.
d. Siapapun yang memiliki opini publik dengan kekerasan / ancaman dalam pemenjaraan maksimal 1 (satu) tahun.

Poin Penting Surat Izin

 

Dalam membuat surat izin tidaklah begitu sulit. Hal ini dikarenakan dengan memperhatikan poin poin penting dalam mebuat surat izin akan membuat kamu sangat mudah dalam membuatnya.

Setidaknya ada tiga poin penting didalam membuat surat izin. Diantara poin-poin tersebut ialah :

1. Pengirim

Pengiris surat adalah pihak yang membuatkan surat izin terhadap orang yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan surat iziz orang yang berhalanganlah yang harus membuatnya.
Bisa jadi surat tersebut dibuat oleh orang tua atau wali, pihak rumah sakit, samapai pihak kantor yang membuat format surat izizn sesuai dengan keperluan dari surat izizn tersebut dibuatkan.

2. Alasan

Perlu diperhatikan disetujui atau tidaknya surat izizn yang kamu buat terdapat pada bagian alasan dari surat tersebut. Hal ini akan menjadikan surat izin yang dibuat akan dapat diterima atau tidak secara logis dan dapat dimaklumi oleh pihak penerima surat.

Sura izizn sendiri seperti yang kita katakan seblumnya bahwa surat izizn bersifat semi-resmi. Maka, ketika surat tersebut ditujukan kepada Insansi tertentu akan berubah menjadi surat resmi dan ketika di tujukan kepada perseorangan akan berubah menjadi surat tidak resmi.

Maka, dari itu perhatikanlah pemilihan bahasa yang tepat dan diksi yang dikunakan untuk menuliskan pada bagian alasan penulisan surat izin.

3. Tujuan

Tujuan surat merupakan bagian surat yang perlu diperhatiakan kepada siapa surat tersebut akan ditujukan. Dengan memperhatikan tujuan surat tersebut kita akan dapat menentukan jenis bahasan yang akan dituliskan kedalam surat izin tersebut.

Umumnya, tujuan surat diberikan kepada orang-orang yang memiliki jabatan yang tertinggi atau yang dibawahnya.

Kok Bisa ?

Karena, ketika kita memberikan surat tersebut kepada orang yang tepat. Maka, surat izin tersebut dapat membantu kita saat tidak berada ditempat karena tidak bisa hadir.

Biasanya kita akan memberikan surat tersebut kepada Kepala sekolah, Guru, Direktur, Kepala Divisi, dan sebagainya bukan?. Jadi, perhatikanlah jenis bahasa dan pemilihan kata yang tepat seperti penggunaan “Kepada” dan “Yth.”.

Cara Membuat Surat Izin

cara membuat surat izin
wikihow.com

Didalam penulisan dan pembuatan surat izin hampir sama dengan penulisan surat lainnya. Kita perlu memperhatikan struktur penulisan serta urutan yang perlu dituliskan dalam menulis surat izin. Sehingga, surat izin yang dibuat tergolong surat semi resmi.
format penulisan dan cara menulis surat izin ialah sebagai berikut :

1. Kop Surat

Kop surat atau kepala surat memang jarang digunakan dalam pembuatan surat izin yang bersifat halangan atau karena izin baik berupa sakit atau ada acara. Tetapi, dalam beberapa kasus kepala surat izin diperlukan jika yang mengeluarkan surat izin terbeut dari instansi atau sebuah lembaga.

Pembuatan kepala surat sama dengan kop surat lainnya. Yaitu melampirkan nama instansi, alamat lengkap, kontak dan kodepos. kemudian terdapat pada paling atas disertai garis pemisah.

2. Tanggal

Pemberian keterangan tanggal pada surat izin juga perlu diperhatikan. Dimana, tangal surat izin dibuat sesua dengan tanggal dibuatnya surat tersebut. Agar kevalidan dari surat tersebut lebih terjaga dan lebih terpercaya.

Pada penempatannya tanggal berada di pojok kanan atas dari lembaran surat. Namun, pada kasus tertentu penanggalan berada pada bagian bawah sebelum tanda tangan.

3. Nomor, Perihal

Seperti yang sudah kita singgung pada poin penting yang harus diperhatkan dalam mebuat surat izin iyalah Nomor dan perihal surat. Bagi yang mengeluarkan surat tersebut meupakan individu apakah dari orang tua ataupun wali.

Maka, tidak perlu menuliskan nomor surat, tetapi hanya perlu menuliskan perihal surat tersebut dibuat.

4. Tujuan Surat

Selanjutnya adalah menuliskan tujuan surat izin tersebut dibuat. Tujuan surat izin berisikan format penulisan kepada siapa surat tersebut dibuat.

Biasanya kita akan mengawali penulisan dengan penulisan “Kepada” ataupun “Yth.” (Yang Terhormat). Kemudian, menuliskan nama dan jabatan tujuan surat tersebut ditujukan.

Setelah itu, kita menuliskan kata “Di Tempat” sebagai penanda tambahan surat izin tersebut dibuat. Namun, pada surat izin tertentu kita perlu menuliskan nama ruangan, kantor, divisi, dan semisalnya agar surat tersebut dapat tersampaikan dengan jelas.

5. Kalimat Pembuka

Setelah menuliskan tujuan surat. Maka, kita masuk ke bagian pembuka surat izin. Dalam penulisan surat izin terdapat beberapa metode penulisan surat. Dikarenakan hampir setiap jenis surat izin terdapat perbedaan.

Penulisan kalimat pembuka dari surat izindapat dimulai dengan penggunaan kalimat

“Dengan Hormat”

atau dapat juga dengan menuliskan,

“Yang bertanda tangan dibawah ini”.

Dan semisal dengan

“Dengan ini kami sebagai orangtua/wali dari”,

Atau dapat juga kalimat pembukan surat yang diawali dengan

“Saya yang bertanda tangan dibawah ini”.

6. Identitas Orang yang Meminta Izin

Setelah penulisan kalimat pembuka yang digunakan untuk mengawali surat izin. Maka, selanjutnya kita akan menuliskan identitas penulis dari pengirim surat tersebut.

Dalam penulisan identitas surat izin tersebut kita bagi menjadi 2 bagian yaitu, identitas pribadi penulis dan identitas yang memintakan izin untuk orang yang bersangkutan.

Kenapa demikian ?

Karena, tidak selamanya orang yang meminta izin dapat menuliskan surat izin untuk dirinya sendiri. Kadangkala memerlukan bantuan dari pihak kedua apakah itu orang tua, wali, dokter, maupun dari instansi tempat kalian bekerja.

Sehingga, dalam penulisan identitas surat ketika akan menggunakan pihak kedua perlu melampirkan identitas pihak kedua juga.

7. Maksud, Sebab dan Tujuan Izin

Setelah melampirkan data penulis maka, selanjutnya adalah menuliskan maksud dan tujuan dari surat izin tersebut dibuat. Biasanya dimulai dengan menuliskan kata-kata sebab seperti “Sehubungan dengan” atau “Dikarenakan” dan kata yang bermaksud untuk menjelaskan sebab dari kejadian yang membuat kamu tidak bisa menghadiri kegiatan seperti biasanya.

BACA JUGA   √ Cara Membuat Portofolio, Perbedaan, Contoh Portofolio [LENGKAP]

Perlu diperhatikan, dalam menuliskan sebab dan maksud tujuan surat izin. Haruslah menuliskannya dengan singkat, padat, dan jelas. Namun, tetap menjelaskan dengan baik.

8. Kalimat Penutup

Dalam pembuatan kalimat penutup surat sama seperti dengan kalimat penutup lainnya. Yaitu menuliskan kalimat harapan dan permhonan agar mendapatkan ijin serta ucapan terima kasih. Sehingga, penulisan surat tersebut terlihat lebih lengkap dan sopan sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi pada umumnya.

9. Tanda Tangan

Kemudian, yang terakhir adalah pembubuhan tanda tangan dari orang tua, wali atau dari instansi penulisan surat tersebut dibuat. Hal ini sebagai pelengkap dan tanda bukti bahwasanya surat tersebut benar adanya.

Contoh Surat Izin

contoh surat izin
guardian.ng

Dalam penerapan dimasyarkat surat izin memiliki banyak contoh yang harus diperhatikan. Bagi kalian yang belum memahami betul terkait dengan surat izin ini. Ada baiknya kalau kalian memperhatiakn beberapa contoh surat izin berikut ini diataranya :

Contoh Amplop Surat Izin

Dalam mengirimkan surat izin perlu lah di bungkus dengan amplop. Dalam amplop berfungsi sebagai pelindung isi surat serta dapat tertuju kepada penerima surat dengan baik dan benar. Beberapa contoh amplop surat izin ialah:

contoh amplop surat izin
enjiner.com
amplop surat izin
enjiner.com
constoh amplop surat izin
youandme.web.id
draft amplop surat
enjiner.com
kop-amplop
unja.ac.id
CONTOH KOP AMPLOP
blogspot.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Yogyakarta, 20 Maret 2018

 

Yang Terhormat,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 3

SMA Negeri 1 Yogyakarta
Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari :

Nama : Afif Amrulloh

NIS : 00723659

Kelas : XI IPA 3

Alamat : BTN Mutiara Indah Blok B.7 Bantul Yogyakarta

Dengan ini memberitahukan kepada Bapak/Ibu guru kelas XI IPA 3, bahwasanya anak kami yang namanya tertera diatas tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar seperti biasanya dikarenakan Sakit Malaria.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sebagai wali murid meminta kepada Bapak/Ibu guru murid agar berkenan memberikan izinnya kepada anak kami. Sebagai bukti tersebut kami lampirkan surat keterangan dari pihak rumah sakit pada lembar terlampir.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas kebijaksanaanya dan izin yang diberikan kepada anak kami, Diucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

(Syamsul Alam)

contoh surat izin sekolah karena sakit
contohsuratmakalah.blogspot.co.id

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga

Madiun, 03 Maret 2018

 

Yang Terhormat,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 3

SMA Negeri 1 Yogyakarta
Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Afif Amrulloh

NIS : 00723659

Kelas : XI IPA 3

Alamat : Jalan Wahid Hasyim No 12 C, Bantul Yogyakarta

Dengan ini meminta izin kepada Bapak/Ibu guru kelas XI IPA 3. Bahwasanya saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasa dikarenakan ada urusan keluarga berupa Pernikahan Kakak Kandung di Semarang pada tanggal 03 – 06 Maret 2018.

Sehubungan dengan hal tersebut, Saya meminta dengan hormat kepada Bapak/Ibu guru agar berkenan memberikan izin selama tanggal kegiatan tersebut.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas kebijaksanaanya dan izin yang diberikan kepada kami, Saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Orang Tua

Syamsul Alam

 

Murid

 

Afif Amrulloh

contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga
contohsuratmu.com

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Kepentingan Keluarga

contoh surat izin karena kepentingan keluarga
penuliscilik.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Kepada Yth.

Bapak Yudhi Sutrianto , S.T, M.Eng

Di

Universitas Pengen Lulus

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Rosi Sudarmanto
NIM: 201301200542
Prodi: Teknik Elektro
Fakultas : Teknik

Dengan ini menyatakan bahwasanya saya tidak dapat menghadiri kegiatan perkuliahan Bapak pada tanggal 29 Mei 2017 yang Bapak ampu. Dikarenakan saat ini saya yang namanya tertera diatas mengalami sakit dan harus dirawat di RS. Siaga Medika sehingga tidak dapat mengikuti perkuliahan Bapak. Sebagai tanda bukti saya lampirkan surat keterangan dari Rumah Sakit Siaga Medika.

Apabila terdapat tugas, maka saya meminta kebijakan dari Bapak agar saya dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas tersebut setelah saya mampu kembali melaksanakan kegiatan perkuliahan seperti biasanya.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenarnya. Atas kebijaksanaan dari Bapak saya ucapkan terimakasih.

 

Bantul, 29 Mei 2017

Hormat Saya,

 

Rosi Sudarmanto

contoh surat izin kuliah
contohsurat.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Mengikuti Lomba

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah
blogspot.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Acara Keluarga

Contoh-surat-izin-tidak-masuk-kuliah
rocletmedia.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Bandung, 12 Maret 2017

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Kepada Yth.

Kepala Divisi Rotary Wing HRD PT. DI

Jl. Letjen Mayjen Muda Maeda No. 30 Bandung

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Rosi Sudarmanto

NIK : 2031549853326

Jabatan : Divisi 2 Rotary Wing

Alamat : Jl. Mahmud Laksmojo No 3, Bandung

Dengan adanya surat ini saya samapaiakan bahwasaya saya yang tertera namanya diatas tidak dapat masuk kerja pada hari rabu 12 Maret 2017 dikarenakan sedang sakit dan harus mendapatkan perawatan yang intensif.

Permohonan ini saya sampaikan setelah mendapat saran dari Dokter Udy Laksmono di RS. Medika, yang padanya saya lampirkan surat keterangan dari rumah sakit.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebnar-benarnya. Atas izinya saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Bandung, 12 Maret 2017

Hormat Saya,

Rosi Sudarmanto
NIK.2031549853326

contoh-surat-izin-tidak-masuk-kerja
rocketmedia.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Tugas Dinas

PT. SEGAR ABADIJAYA
Ruko Permai BlokB3 No. 48  Jl. Raya Melati Km. 4 Semarang 74375
Telp. 022 823486 Fax. 022 823486 Mobile. 08528531234
Website: www.segarbadijaya.com Email: [email protected]

=====================================================

Nomor                 : 015/PTSBJ/61/II/2016
Perihal                 : Surat Pemberitahuan Izin

 

Kepada
Kepala HRD PT. Segar Abadi Jaya
Divisi Produksi
Di Gedung G5 Lantai 2

Dengan hormat,

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Sehubungan dengan dilaksanakan kegiatan DIKLAT perusahaan sebagai salah satu bentuk peningkatan SDM perusahaan. Maka, kami dari panitia penyelenggara bermaksud untuk meminta izin kepada setiap divisi yang namanya terlampir.

Kegiatan Diklat tersebut akan berlangsung pada :

Hari/Tanggal : Jum’at-Minggu, 3-5 Maret 2017

Tempat : Hotel Cempaka Putih Semarang

Demikian surat  permohonan izin ini kami sampaikan,  atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Semarang, 02 Maret 2017

Mengetahui,

Direktur  Utama
PT. Segar Abadi Jaya

Farhan Hadi, S.Sos, MM

NIK. 199812454928938

Panitia Pelaksanan

Kholis Mahmud

NIK. 20031974457564

 

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Semarang, 03 Oktober 2016

Hal    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Kepala Bagian HRD PT. Pantang Maju

DI

Jalan Pengangkasan Timur No 31 Semarang

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap     :  Ismail Marzuki S.T

NIK                       : 201301254698312

Alamat                  :  Komplek Perum Nusa Indah Blok J. 20 Semarang

Jabatan                  : Supervisor 2 Divisi Produksi

 

Dengan ini saya tidak dapat mengikuti kegiatan seperti biasa terhitung pada tanggal 03 – 10 Oktober 2016. Hal ini dikarenanakan ada kepentingan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan berupa Pernikahan anak kandung kami.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerjapada tanggal tersebut diatas.

 

Demikian surat izin ini saya sampaikan, Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Mengetahui,

Ketua Bagian Divisi produksi

Ir. Agulng Lakmono
2001356987546216

Hormat saya,

Ismail Marzuki, S.T
201301254698312

 

Contoh Surat Izin Orang Tua

SURAT KETERANGAN IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                   : Ir. Rahmat Adiprasetya M.Eng
Umur                                   : 32 Tahun
Agama                                 : Islam
Alamat                                 : Jl. Pegangsahan Timur No, 22 Malang

Merupakan Orangtua/Wali dari anak :

Nama                                   : Adnan Prasetya S.T
Jenis Kelamin                      : Laki-Laki
Tempat dan Tanggal Lahir   : Malang, 15 Oktober 1996
Kewarganegaraan               : Indonesia
Agama                                 : Islam
Status Nikah                        : Belum Menikah
Alamat                                 : Jl. Pegangsahan Timur No, 22 Malang

Dengan ini menyatakan tidak merasa keberatan jika anak kami sebagaimana tersebut diatas bekerja pada perusahaan PT. Argoteknologi Muda Perkasa dan ditempatkan di cabang-cabangnya di seluruh wilayah indonesia atau di luar negeri.

     Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya untuk dijadikan sebagaimana mestinya.

Malang,  06 Oktober 2017

Tertanda,

Orang Tua,

 

Ir. Rahmat Adiprasetya M.Eng

Pemohon

 

 

Adnan Prasetya S.T

 

 

contoh surat keterangan izin orang tua
wp.blogspot.com

SURAT IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                          : Muhammad Mustopa
Pekerjaan   : PNS
Alamat                        : Jl. Rahmat No. 34, Purwokerto

Benar Orang tua / Wali murid dari :

Nama                           : Anisa Nur Hakim
Kelas                           : X IPA 1
Alamat                         : Jl. Rahmat No. 34, Purwokerto

Dengan ini saya selaku orang tua dari putri kami mengijinkan untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan lomba pramuka di Bumi Perkemahan Yogyakarta. Terhitung mulai tanggal 17 – 15 Mare 2017.

Purwokerto, 6 Oktober 2016

Peserta                                                                                     Orang Tua/Wali Murid

Anisa Nur Hakim
Muhammad Mustopa

surat izin dari orang tua
rocket.media.com
contoh surat izin orang tua
blogspot.com

Contoh Surat izin Sakit Tulisan Tangan

contoh surat izin tulisan tangan
blogspot.com
“Assalamu Alaikum Wr. Wb,
Alangkah indahnya pagi ini, matahari bersinar dengang terang. Burun-burun bernyanyi dang senan. Bunga-bunga di tamang semerbak mewangi dang bermekarang. Tapi ibara’ bunga ada satu yan layu, yaitu Rahing. Hari ini dia tida’ bisa masu’ sekolah ka sakitki kasiang.
Sekiang dan Terima kasih”
Bontonompo’, 7 September 2016
Oran tuana Rahing
surat izin tulisan tangan ayah-amel
solopos.com

Kepada
Yth Ibu Gurunya Amel
di Kelas VI

Assalamu’alaikum wr.wb
Alangkah indahnya pagi ini, matahari bersinar terang, burung-burungpun bernyanyi riang. Bunga-bunga semerbak di taman mewangi dan bermekaran, tapi hanya satu yg terlihat paling indah dan menawan. Tapi ibarat bunga, ada satu yang layu, yaitu Amel. Hari ini, kamis 26 Januari 2017 dia tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Semoga Ibu gurunya Amel tetap menjadi bunga yg paling indah dan menawan. Amin …
Wassalamu’alaikum wr.wb

Hormat saya

(Ayah Amel)

Blora, 13 Maret 2017

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 12 IPA 2

SMAN 1 Blora, Jawa Timur

 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Abdullah Hamid

Kelas : Kelas 12 IPA 2 SMAN 1 Blora

Alamat : Jl. Energi Terbarukan 2 Plant Gundih, Blora

Dengan ini memberitahukan bahwa anak kami yang namanya terdapat diatas tidak dapat mengikuti kegiatan pelajaran seperti biasanya. Dikarenakan anak kami sedang sakit Malaria, Olehkarena itu, kami meminta kebijakan dari Bapak/Ibu Guru kelas 12 IPA 2 untuk memberikan izin kepada anak kami.

Demikian surat izin ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat Kami

 

 

Drs. Ibnu Ismail

Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat

#Contoh Surat Peminjaman Tempat untuk Seminar

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS GAJAH MADA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UGM

_________________________________________________

No : 021/BEMUGM/03/2016

Hal : Peminjaman Tempat

Lampiran : 1 (satu) lembar

 

Yth.

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana

Universitas Gajah Mada
Di tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka mewujudkan program BEM UGM dan sebagai salah satu saranan untuk meningkatkan tingkat kreatifitas mahasiswa dalam menjalankan kegiatan perkuliahan. Maka, kami selaku BEM UGM akan melaksanakan kegitan Seminar Motivasi dengan tema “Ilmu Adalah Senjata Terbaik”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari : ——————–

Tanggal : —————

Waktu : —————–

Tempat : —————-

Maka dari itu, Kami selaku panitia pelaksana kegiatan ingin memnjam ruangan Seminar Gedung G5.1 Kaultas Kedokteran Universitas Gajah Mada terhitung dari tanggal yang telah disebutkan diatas.

Demikian surat peminjaman tempat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Yogyakarta, 8 Maret 2016

Ketua BEM

Universitas Gajah Mada

 

Joko Ismail

#Surat Izin Peminjaman Gedung

Surabaya,03 April 2018
Nomor : 21/KK/LKD/IV/2018
Perihal : Peminjaman TempatKepada
Yth, Kepala Desa Sukarame
Di Tempat

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Salam dan Sholawat Kita Haturkan Kehadirat Alla SWT dan Baginda Muhammad SAW, Serta selalu dalam perlindungan Rahmat dan Hidayat-Nya.

Sehubungan dengan akan diadakannya penyuluhan terkait pentingnya kebersihan lingkungan tempat tinggal oleh peserta KKN di  RT.07/02 Desa Sukarame Kecamatan Sukajaya Kabupaten Surabaya. Maka, kami selaku panitia kegiatan dan mewakili karang taruna desa sukarame bermaksud untuk meminjam gedung aula kantor desa  Sukarame, Dimana, acara ini akan dilaksanakan pada :

Hari : Minggu
Tanggal : 05 April2018
Waktu : 08.00 WIB s/d 14.00 WIB

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Ketua Karang Taruna

 

Rudi Sunarko

Ketua Panitia

 

Aris Munandar

 

#Surat Izin Peminjaman Tempat Untuk Lomba

PANITIA TURNAMEN 17 AGUSTUS 
Sekretariat : Jl. Brosot Km 6 Lendah Kulon Progo
Telp (Ismail) 08768292XXXXX

————————————————————

Ngebel, 13 Agustus 2017

Nomor : 02/PTA/VIII/2017
Lampiran : 1 (satu) Juknis Acara
Perihal : Peminjaman Tempat

Kepada Yth.
Kepala Dusun Ngebel
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan perayaan hari ulang Tahun Negera Republik Indonesi yang ke-72. Kami dari panitia pelaksanaan acara 17 Agustus 2017, akan melaksanakan serangkaian acara dalam memperingati acara Agustusan yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Rabu 16 Agustus 2017 sampai Jum’at 18 Agustus 2017
Waktu : 08.00 WIB sampai selesai
Tempat : Lapangan Bola Voli Ngebel
Acara : Acara 17 Agustusan

Untuk itu kami dari selaku panitia pelaksanaan 17 Agustus Desa Ngebel bermaksud untuk meminjam lapangan yang berada di Dusun Ngebel sebagai tempat pelaksanaan acara Agustusan. Disamping sebagai salah satu upaya untuk menjalin silaturahmi antar masyarakat di Desa Ngebel, juga sebagai salah satu untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Demikian surat peminjaman tempat ini kami sampaikan agar menjadi maklum. Atas perhatian serta dukungannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia

Purno Sutomo

 Sekretaris

Ismail Marzuki

 

Contoh Surat Izin Usaha

PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL
KEPALA DESA NGEBEL
Jalan Ngebel 01, Ngebel, Kasihan, Bantul, DIY
————————————————————–
SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Kepala Desa Ngebel, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ini menerangkan bahwa :

Nama     : —————
No. KTP     : ————
Jenis Kelamin    : —–
Tempat/Tgl. Lahir : –
Agama  : ————-
Pekerjaan : ———-
Alamat  : ————-

Nama yang tersebut di atas benar adalah penduduk Desa Ngebel yang berdomisili di Dusun Ngebel RT.02 RW 01, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan pengamatan dan kelengkapan berkas yang dimiliki saudara [NAMA] di atas , bahwa orang yang b tersebut namanya diatas benar adanya memiliki usaha berupa ….{NAMA USAHA}… Yang beralamat di Jalan Ngebel RT.02 RW 01, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

DIKELUARKAN DI : ……………..
PADA TANGGAL : ……………..

Kepala Desa Ngebel
Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul

(Slamet Riyono, S.Pd.)

#Contoh Surat Pernyataan Kepemilikan Usaha

PEMERINTAH KABUTEN MAGETAN
DUSUN JARANAN DESA KAWEDANAN 
KECAMATAN MAGETAN
==================================================

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor : …../…../…./…/2017

Sekertaris Desa Kawedanan dusun Jaranan kecamatan Magetan kabupaten Magetan dengan ini menerangkan bahwa :

Nama     : Mahmud Iswadi
No. KTP     : 1670003598765314
Jenis Kelamin    : Laki-laki
Tempat/Tgl. Lahir : Magetan, 17 April 1993
Agama  : Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat  : Jalan Pengangsahan Timur no 12,  Desa Kawedanan, Kecamatan Magetan
Dengan ini benar adanya tersebut diatas adalah penduduk Dusun Jaranan Desa Kawedanan Kabupaten Magetan. Dan menurut dari sepengetahuan Kepala Desa Kawedanan benar memiliki Usaha Jualan Tenda Terpal yang bertempat di Pasar Baru Megetan  dengan nama toko Toko Terpal Abadi Jaya.
Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur penyalahgunaan kekuasaan. Dan digunakan sebagai tanda bukti keterangan.

DIKELUARKAN DI : Kantor Desa Kawedanan
PADA TANGGAL : 10 Juli 2009

Kepala Desa Kawedanan
Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan

 

(Riyono Purwandi, S.H.)

surat izin usaha
bp.blogspot.com
surat izin keterangan usaha
wp.com
surat izin keterangan perdagangan
rocketmedia.com

Contoh Surat Izin Keramaian

PANITIA PELAKSANA
KOPDAR GABUNGAN VIXION CLUB INDONESIA KORWIL JATENG REGION TENGAH
Jalan. Ir. H. Marzuki No 24 B , Semarang
====================================================
 
No. :    001/VC/REG-TG/ 2017
Hal :    Surat Izin Keramaian
 
Kepada Yth.
Bpk. Kepolisian Semarang
Di Tempat.
 
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Sebagai wujud silaturahmi antar komunitas club motor dan menghindari aksi anarkis dan ugal-ugalan. Kami dari selaku panitia pelaksanaan Kopdar Vixion Club Indonesia korwil Jateng Region Utara akan melaksanakan acara KOPDAR disertai pembagian nasi bungkus  kepada tunawisma yang akan dilaksanakan pada :
Hari         :    Sabtu
Tanggal :    16 April 2017
Waktu :    18.00 WIB   s/d Selesai
Kegiatan         :    Kopdar gabungan
Tempat          :    Basecamp Vixion Club (Utara Kodim) & Alun-Alun Semarang.
 
Untuk itu kami meminta izin kepada bapak Kepolisian Semarang atas keramaian yang akan dilaksanakan  padahari dan tempat tersebut. Dan meminta adanya perwakilan dari pihak kepolisian untuk menemani jalannya acara tersebut agar dapat diselenggarakan dengan lancar dan aman.
Demikian surat izin keterangan keramaian ini kami sampaikan agar ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
 
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Semarang, 10 April 2017
Ketua Pelaksanan
Joni Iskandar
Contoh surat izin keramaian
rocketmedia.com

Penutup

Demikianlah contoh surat izin ini kami sampaikan kepada teman teman sekalian. Mempelajari cara membuat surat izin ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Karena tidak hanya sebagai sarana administrasi yang baik. tetapi, juga akan membantu pelaksanaan setiap kegiatan yang akan dilakuka menjadi lebih baik lagi.

Jika teman-teman mempunyai kritik dan saran, silahkan tuliskaan di kolom komentar dibawah ini. serta jangan lupa d share keteman-teman kalian.

Jika kalian tidak menemukan contoh surat izin yang kalian cari. Tuliskanlah di kolom komentar dan segera akan kita carikan dan update artikel ini.

Leave a Comment