Contoh Proposal Skripsi Lengkap Dengan Penjelasan Dan Strukturnya

Contoh proposal skripsi – berikut ini tentu bakal membuat hidupmu lebih bergairah lagi murah. Cerah nan indah. Lebay biarin.

Apa pasal? Karena bagi mahasiswa tingkat akhir (apalagi akut) tentunya mau atau tidak akan menempuh sepenggal hidupnya bersama skripsi. Memiliki “pendamping hidup” tambahan bernama dosen pembimbing, tidur bareng printer dan laptop pun bakal jadi keseharian baru.

Skripsi arti mudahnya adalah karta tulis ilmiah yang bakal kamu presentasikan depan dosen penguji nantinya sebagai syarat kelulusan kamu jadi sarjana (ehem). Nah, isi bahasan skripsi ini tergantung dari disiplin ilmu masing-masing kamu, fakultas apa, jurusan apa. Maka, banyak dari kamu. Iya, kamu… yang cari contoh proposal skripsi yang oke untuk dijadikan inspirasi.

Yang kita sebut proposal skripsi ini ibarat intro di sebuah lagu cinta kenanganmu sama mantan sebelum masuk reffrain. Enak atau enggak didenger. Atau dengan kata lain, proposalmu bakal diterima atau enggak sama dosen. Biasanya bakal makan waktu 1-2 minggu.

Proposal Skripsi

contoh proposal skripsi
sumber: bp.blospot.com

Sebenernya, belajar membuat skripsi sebaiknya udah kamu mulai sejak semester awal kamu masuk. Biar kamu-kamu gak kelabakan waktu beneran kamu nulis skripsi di semester akhir.

Proposal skripsi punya definisi laporan usulan penelitian tugas akhir mahasiswa, dalam hal ini skripsi. Dengan berbagai syarat dan ketentuan, diharapkan para mahasiswa bakal nulis karya tulis yang original nan ilmiah.

Lebih lanjut, ketika mahasiswa sudah selesai buat laporan proposal, nantinya akan ada seminar uji proposal atau biasa disingkat UP. Biasanya, UP ini akan dihadiri beberapa mahasiswa semester tujuj plus dosen-dosen penguji.

Semisal uji proposal diterima, kamu bakal lanjut ke tugas akhir yang kamu nanti-nanti. Sebaliknya, kalau gagal, kamu musti perbaiki lagi dan melakukan seminar UP susulan.

Contoh Skripsi

contoh proposal skripsi
sumber: adisumaryadi.com

Ada dua bagian contoh proposal skripsi yang perlu kamu ketahui, yaitu: proposal skripsi mini dan proposal skripsi penuh. Yuk, disimak,

Proposal Skripsi Mini

Proposal skripsi mini adalah sebuah bentuk proposal yang terdiri dari tiga bab skripsi yang jadi satu bab saja. Contoh proposal skripsi seperti ini memiliki kelemahan besar, yaitu waktu penulisan skripsi menjadi lebih lama, karena setelah mahasiswa mengajukan proposal penelitian maka mahasiswa musti mengerjakan bab-bab skripsi lainnya secara terpisah.

Proposal Skripsi Penuh

Proposal skripsi penuh ialah contoh proposal skripsi dengan susunan bab yang berurutan dari bab 1, bab bab 2, bab 3, sampai pada daftar pustaka.

Di beberapa perguruan tinggi bahkan mewajibkan menerapkan contoh proposal skripsi penuh sampai bab 4 sebelum daftar pustaka.

Keuntungan contoh proposal skripsi penuh ini adalah penyusunan skripsi akan menjadi lebih singkat, karena bab-bab yang ada dalam proposal tersebut nantinya akan menjadi skripsi itu sendiri.

Tapi, tiap kelebihan tentu ada kelemahan, bab-bab di atas nantinya akan terjadi banyak perubahan atau biasa disebut revisi ketika penelitian berjalan. Efeknya, bila uji proposalmu gagal, tentu akhirnya kamu harus ikut seminar susulan.

BACA JUGA   Sejarah Internet Di Dunia / Di Indonesia / Perkembangan yang Singkat Padat dan Jelas

Contoh Proposal Penelitian

contoh proposal penelitian
sumber: blogspot.com

Berikut sistematika contoh proposal skripsi yang biasa digunakan di kampus-kampus ternama di Indonesia,

COVER

LEMBAR JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Landasan Teori
2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.2 Teknik Pengumpulan Data
3.3 Teknik Analisis Data
3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Penjelasan sistematika proposal skripsi:

1. Cover Proposal

Judul proposal atau cover proposal adalah halaman utama yang pertama kali dicek oleh dosen penguji. Cover proposal skripsi berisi judul skripsi, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program studi, jurusan, nama universitas, dan paling bawah tahun pembuatan.

2. Lembar Judul

Pada umumnya, setiap perguruan tinggi atau kampus benar-benar berbeda. Ada yang menggunakan lembar judul, ada juga yang tidak. Lembar judul ini merupakan lembaran yang hanya berisi judul skripsi yang diajukan.

3. Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan adalah halaman pengesahan skripsi yang akan dibuat. Di halaman ini, biasanya ketika ujian proposal, dibuat hanya saja tidak dibubuhi tanda tangan dosen pembimbing.

Tetapi, pengesahan proposal skripsi biasanya hanya berupa persetujuan dari dosen pembimbing utama di halaman cover.

4. Daftar Isi

Pda bagian daftar isi adalah daftar halaman dari isi proposal skripsi yang dibuat. Daftar isi dibuat agar pembaca atau penguji dengan mudah menemukan dan menelaah isi dari proposal skripsi.

5. Kata Pengantar

Untuk Pnggunaan kata pengantar berisi pernyataan pengantar dari penulis yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan penulisan skripsi beserta ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak-pihak kampus dan pihak-pihak yang membantu penulis.

6. Daftar Tabel

Adapun dengan Daftar tabel adalah daftar judul-judul tabel yang berada pada proposal skripsi. Daftar tabel berfungsi untuk mempermudahkan pembaca dalam mencari tabel yang berkaitan dengan pembahasan skripsi.

7. Daftar Gambar

Pada bagian daftar gambar ialah daftar-daftar gambar yang berada pada selusuh isi dari proposal. Daftar gambar dipakai jika proposal skripsi terdapat gambar.

8. Daftar Lampiran

Pada sesi daftar lampiran merupakan halaman yang berisi daftar-daftar lampiran seperti lampiran surat penelitian, lampiran berkas, dan lampiran-lampiran lainnya yang dibutuhkan dalam proses penulisan skripsi.

contoh judul skripsi
sumber: idntimes.com

9. BAB 1

Bagian Bab 1 merupakan bab pendahuluan dari proposal skripsi yang di dalamnya berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, serta manfaat penelitian.

10. BAB 2

Bagian Bab 2 merupakan bab isi dari proposal. Terdapat saran jitu untuk kamu, agar pada landasan teori jangan terlalu banyak, tulis hanya yang dibutuhkan saja untuk proposal.

11. BAB 3

Bagian Bab 3 merupakan bab yang berisi metode penelitian seperti lokasi dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan juga analisis sistem.

12. Daftar Pustaka

Di daftar pustaka berisi daftar bahan-bahan referensi atau literatur yang telah digunakan untuk penelitian. Referensi tersebut baik diambil dari buku, jurnal, maupun sumber elektronik maka harus disertakan dalam halaman daftar pustaka.

BACA JUGA   3+ Cara Meninggikan Badan Usia 22 Tahun Yang Terbukti Ampuh

13. Lampiran

Lampiran merupakan halaman yang berisi hasil scan atau fotokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir.

Cara Membuat Skripsi dan Contoh Judul Skripsi

judul skripsi
sumber: brilio.com

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menyusun contoh proposal skripsi:

1. Sebelum membuat proposal penelitian, kamu sebaiknya mencari ide penelitian yang paling cemerlang yang pernah kamu pikirkan. Apa-apa saja yang diteliti dan apa saja yang nantinya akan dibahas di dalam skripsi.

Usahakan dalam mencari ide skripsi sudah dilakukan sebelum semester akhir menjelang.

2. Mencari referensi atau literatur yang banyak untuk mendukung penelitian kamu. Bahan referensi ini bisa berupa buku, jurnal, media elektronik, atau literatur apapun yang tentunya sesuai dengan ide penelitian kamu.

3. Menentukan rumusan masalah yang menjadi latar belakang kamu buat contoh proposal skripsi ini. Poin ini nantinya akan muncul di bab 1 alias pendahuluan skripsimu.

4. Membuat tahapan-tahapan dalam penelitian kamu. Kamu bisa coba menggunakan diagram alur untuk memudahkan prosesnya.

5. Menyusun metode penelitian yang cocok untuk memecahkan rumusan masalah yang akan dilakukan di penelitian kamu.

6. Buat judul skripsi yang bagus yang akan mejeng di cover skripsi kamu. Judul skripsi tentunya harus relevan dengan permasalahan yang kamu teliti.

PENTING :

Jangan pernah membuat judul skripsi terlalu luas ataupun sempit.

7. Selanjutnya, susun tinjauan pustaka. Masukkan teori-teori yang mendukung penelitian plus sumber-sumber yang tentunya mendukung penelitian kamu.

8. Lengkapi draft-draft bab selanjutnya yang akan dibuat. Hal ini dilakukan untuk bisa dengan mudah berdiskusi dengan dosen pembimbing. Biar lancar.

Gimana, udah paham ya penjelasan tentang contoh proposal skripsi di artikel ini. Kita doain deh biar cepet lulus, biar gak jadi mahasiswa abadi selamanya.

4 thoughts on “Contoh Proposal Skripsi Lengkap Dengan Penjelasan Dan Strukturnya

    • terimakasih mas,, kita tunggu masukannya

      jika ada artikel yang mungkin bagus buat kami bahas. silahkan kisi di kolom komentar

Leave a Comment