Cara Membuat Kesimpulan Skripsi / Makalah / Karya Tulis / Laporan / Bacaan

Cara Membuat Kesimpulan – Sebagai seorang pelajar maupun peneliti yang sering berkutak dalam dunia pendidikan. Dan mestinya tidak asing lagi dengan istilah karya tulis ilmiah, makalah, skripsi, dan sejumlah nama sebutan yang sejenis dengan hal tersebut.

Dan setiap akhir dari penelitan, karya tulis ilmiah lainnya. Pastinya memiliki kesimpulan dari seluruh hal yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Tetapi, masih banyak diantara kita para peneliti yang masih belum mengetahui cara membuat kesimpulan yang baik dan sesuai dengan apa yang diperlukan dalam membuat kesimpulan baik.

Sehingga, masih banyak diantara kita ketika mengajukan suatu seminar makalah, skripsi, maupun penelitian. Terkadang yang menjadi hal yang dipertanyakan adalah bagaimana kesimpulan yang kita dapatkan dari penelitian yang kita perbuat tersebut.

Pengertian Kesimpulan

cara membuat kesimpulan
pixabay.com

Menurut KBBI kasimpulan ialah keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dari suatu pembahasan maupun gagasan.Kesimpulan yang sering kita gunakan pada bab 5 dari saut gagasan tertulis atau suatu karya tulis ilmiah. merupakan hasil akhir yang menjelaskan mengenai keseluruhan hasil dari penelitian yang dilakukan.

Tidak hanya itu, kesimpulan juga dapat menjadi suatu pembahasan akhir yang menjadi perhatian akhir dari suatu karya tulis . Seperti skripsi, makalah, karya tulis.

Tetapi, masih banyak diantara kita yang meremehkan salah satu bab akhir dari susunan karya tulis ilmiah ataupun makalah. Sehingga, kita lebih fokus mengerjakan gagasan utama, pendahuluan, dan bagian lainnya.

Dengan demikian, ketika telah mendapati salah satu bab akhir dalam karya tulis ini. Akan membuat kita menjadi bingung akan menulis apa pada bab 5 ini. Dan pada akhirnya kitapun menulis seadanya saja tanpa mementikngkan unsur-unsur dalam penulisan kesimpulan.

Cara Membuat Kesimpulan

cara menentukan kesimpulan
pixabay.com

Dengan membuat kesimpulan seorang pembaca akan dapat dengan mudah mengetahui hasil dari gagasan, penelitian, wacana, dan tulisan yang kita buat. Sehingga, dengan demikian akan mempermudah kita dalam mendapatkan kesimpulan akhir dari hal diatas tersebut.

Didalam cara membuat kesimpulan, seorang penulis atau peneliti haruslah mampu menentukan jenis kesimpulan yang benar dan tepat sesuai dengan jenis tulisan yang dia buat.

Dikarenakan seringnya tidak memperhatikan didalam mebuat kesimpulan yang benar. Seringkali membuat mahasiswa maupun peneliti dalam menuliskan kesimpulan karya tulis yang dibuatnya bukan merupakan hasil dari penelitan yang dibuatnya.

Oleh karena itu, perlulah mengetahui cara membuat kesimpulan skripsi, penelitian makalah, gagasan, dan berbagai jenis karya tulis lainya. Agar didalam mambuat karya tulis, seseorang tidak membuat kesalahan yang berujung pada penolakan karya tulis yang telah dibuatnya.

Langkah Langkah Membuat Kesimpulan

langkah langlah membuat kesimpulan

pixabay.comDalam menentukan kesimpulan, ada beberapa teknik membuat kesimpulan yang perlu diketahui. Sehingga, kita tidak salah membuat kesimpulan yang tidak sesuai dengan jenis penelitian yang telah kita buat.

Ada berapa teknik membuat kesimpulan yang akan kita bahas. Diantara teknik dalam membuat kesimpulan antara lain:

1. Teknik Generalisasi

Teknik generalisasi merupakan salah satu teknik didalam cara membuat kesimpulan. Fokus utama dalam teknik ini adalah membuat kesimpulan dengan menarik satu kesimpulan umum. Hal ini kita dapatkan setelah melakukan penelitian yang kita lakukan berdasarkan fakta dan data yang telah kita buat dan teliti. Kemudia, harus sesuai dengan jenis penelitian yang telah kita perbuat sebulumnya.

BACA JUGA   Contoh Daftar Pustaka, Cara Penulisan, Kaidah, Serta Cara Membuat Daftar Pustaka

Dengan demikian, kita didalam cara menetukan kesimpulan pada salah satu penelitian baik berupa skripsi, makalah, dan karya tulis lainya. Kita dapat mengambil satu, dua atau beberpa poin kesimpulan umum yang kita tuliskan didalam bab 5 ata bab akhir dari karya tulis yang kita buat.

Sebagai contoh:

Berdasarkan data pada tahun 2015 dari Badan Penanggulanan Kenakalan Remaja. Menunjukkan setiap tahun, tingkat kenakalan remaja semakin hari semakin meningkat. Meskipun pemerintah telah membuat berbgai macam kebijakan dan peraturan-peraturan. Tetapi, belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Lingkungan menjadi poin penting didalam melakukan pencegahan dan rehabilitasi bagi anak-anak baik itu pelaku maupun korban kenakalan remaja.

Kesimpulan,

Dengan dmeikian, kita mengetahui bahwasanya lingkungan menjadi salahsatu penyebab meningkatnya kenakalan remaja yang terjadi saat ini. Dengan mengetahui peran orang tua, sekolah, lingkunga, dan tempat tinggal anak. Dapat memberikan perubahan terkait perilaku psikis bagi sang anak. Oleh karena itu, Perlulah mengatasi kenakalan remaja ini mulai dari tingkat yang paling sederhana yaitu keluarga, sekolah dan tempat tinggal. Agar, tingkat kenakalan remaja dapat ditekan sampai kebatas aman.

2. Teknik Analogi

Cara membuat kesimpulan selanjutnya didalam cara membuat kesimpulan skripsi atau karya tulis lainnya adalah dengan menggunakan teknik analogi. Teknik analogi merupakan teknik selanjutnya yang digunakan dalam cara menentukan kesimpulan. Teknik ini dilakukan dengan membuat perbandingan antara antara satu pembahasan dengan pembahasan lainnya yang serupa.

Kemudian, dicari persamaan yang terkait dengan hal tersebut. Ata dapat pula dengan menggambarkan suatu hal dengan memberi perbandingan hal lain.

Sebagai contoh:

Dunia pendidikan memang menjadi salah satu cara dalam mebentuk kepribadian seseorang. Ibarat gelas kosong yang siap di isi dengan air yang memenuhi gelas tersebut. Jika gelas tersebut diisi dengan teh. Maka, gelas tersebut menjadi gelas yang baik.

Namun, jika gelas tersebut di isi dengan minman keras yang memabukkan dan merusak. Maka, gelas tersebut menjadi gelas yang buruk dan merusak.

Kesimpulan,

Kesimpulan yang yang dapat diambil adalah pendidkan yang diberikan kepada anak baik itu dari keluarga dan sekolah maupun lingkungan. Akan membentuk karakter dan masa depan anak tersebut. Ibarat gelas yang diisi dengan kebaikan. Maka, anak tersebut akan menjadi anak yang baik.

Namun, ketika anak tersebut diisi dengan keburukan ibarat diisi dengan alkohol. Maka, kita tahu sendiri bagai mana masa depan dari anak tersebut.

3. Teknik Sebab-Akibat

Cara ketiga dalam langkah langkah membuat kesimpulan adalah menggunakan teknik sebab-akibat. Teknik ini merupakan salah satu cara menentukan kesimpulan dengan cara menjelaskan sebab kemudia akibat yang ditimbulkan dari sebab tersebut.

Teknik sebab-akibat ini merupakan salah satu cara membuat kesimpulan yang bertujuan untuk memperjelasn gagasan utama yang telah diajukan pada bab pendahuluan.

Dengan demikian, kesimpulan yang akan diajukan nantinya tidak akan keluar dari topik yang telah dibahas pada gagasan utama karya tulis yang dibuat.

Sebagai contoh:

Berdasarkan dari data dinas kebersihan DKI Jakarta. Ada 85% sampah yang mengalir diseluruh bantaran sungai yang terdapat di Jakarta. Alasanya sangat sepele. Para warga yang tinggal hampir di sepanjang bantaran sungai lebih memilih untuk membuang sampahnya ke sungai. Daripada harus membayar petugas kebersiahn yang mengangkut sampah dari rumah kerumah.

BACA JUGA   Contoh Latar Belakang Masalah, Penelitian, Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Makalah

Kesimpulan,

Penyebab utama banjir di Jakarta hampir setiap tahunya adalah masalah sampah. Disamping menjadi momok bagi pemerintah dan petugas kebersihan yang bertugas di bantran sungai. Kesadaran diri dari masyarakat di sepanjang bantaran sungai menjadi salah satu penyebab utama masyarakat kedatangan banjir setiap tahunnya.

Cara membuat Kesimpulan Bacaan / Paragraf

Disamping mencari kesimpulan suatu laporan ataupun penelitian. Terkadang kita juga diminta untuk mencari kesimpulan dari suatu bacaan atau suatu paragraf tertentu. Untuk itu, anda juga perlu mengetahui cara membuat kesimpulan dari suatu bacaan. Cara membuat kesimpulan bacaan dengan cara sebagai berikut :

  1. Membaca secara keseluruhan dan seksama semua paragraf yang di sajikan dari awal hingga akhir paragraf.
  2. Menentukan ide pokok dari tiap paragraf. Yaitu dengan mencari tahu kalimat atau kata apa yang sering di ulang dan sering dijabarkan baik secara harfiah maupun yang dipermasalahkan.
  3. Menentukan kesimpulan berdasarkan ide pokok yang dibahas didalam kalimat bacaan dan paragraf yang disajikan.

Untuk lebih paham, perhatikan contoh berikut :

“Setiap hari kita menggunakan alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ketempat lainnya. Tapi, tahukah kamu jika untuk dapat menggerakkan kendaraan tersebut kita membutuhkan bahan bakar agar kendaraan yang digunakan dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Ternyata bahan bakar yang kita gunakan terbentuk dari energi fossil yang terbentuk dari pelapukan makhluk hidup jutaan tahun yang lalu. Bahan bakar tersebut termasuk dalam bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga, suatu saat jika kita gunakan terus menerus akan segera habis.

Untuk itu, kita perlu melakukan penghematan penggunakan bahan bakar dalam kehidupan sehari-hari serta mencari bahan bakar lain yang dapat diperbaharui. Sehingga, membuat bahan bakar fosil yang kita gunakan bisa lebih dikurangi.”

Kesimpulan

Kesimpulan bacaan diatas dapat diambil bahwa “perlunya kita untuk melakukan penghematan penggunaan bahan bakan fosil dan mencari energi terbarukan agar dapat mengurangi mengurangi penggunaan sumber daya tidak dapat diperbaharui”

Tips Membuat Kesimpulan

cara membuat kesimpulan
pixabay.com

Didalam membuat kesimpulan tidak boleh serampangan dalam menyampaikan hasil dalam penelitian, karya tulis, maupun makalah. Kebanyakan banyak para mahasiswa maupun peneliti terjatuh didalam membuat kesimpulan. Sehingga, bagi penguji akan sangat mudah menemukan kesalahan didalam penulisan kesimpulan saat dicermati dan dibaca.

Umumnya, mahasiswa membuat kesimpulan yang bukan merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukannya. Atau bisa juga kesimpulan yang telah dituliskan di bab akhir karya tulisnya tidak dijelaskana maupun dibuktikan didalam penelitiannya.

Sehingga, ketika ditanyakan oleh para penguji terkait kesimpulan yang dituliskannya. Mahasiswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Untuk itu berikut beberapa tips dalam cara membuat kesimpulan :

  • Menjawab Permasalahan

Dalam cara membuat kesimpulan yang baik. baik itu untuk kesimpulan skripsi, kesimpulan makalah, mauapun kesimpulan karya tulis. Hendaknya menjawab permasalahan yang telah dibahas pada awal pembahasan pada karya tulis yang telah dibuat.

Dengan demikian, kesimpulan yang telah dituliskan dengan baik perlu menjawab rumusan permasalahan yang menjadi pokok pembahasan dari penelitian. Maupun karya tulis yang telah kita buat.

Jika kita memiliki 5 rumusan permasalahan yang akan menjadi pokok pembahasan yang kita buat dalam laporan karya tulis ilmiah seperti skripsi mauapun makalah. Maka, isi kesimpulan kita juga harus memberikan 5 kesimpulan yang terkait dengan hasil jawaban dari penelitian kita terhadap laporan penelitian tersebut.

  • Tidak Bertele-tele

Salah satu hal yang harus dihindari dalam cara membuat kesimpulan ialah jangan bertele-tele. Didalam kesimpulan hasil akhir dari perumusan masalah yang harus di jelaskan dengan singkat, padat, dan jelas.

BACA JUGA   √ Cara Membuat Portofolio, Perbedaan, Contoh Portofolio [LENGKAP]

Tidak harus menggunakan kata-kata perulangan serta memberikan jawaban yang jelas terhadapa hasil yang didapatkan dari peneltiian yang telah dilakukan.

Umumnya, kesimpulan atau lebih tepatnya Bab 5 hanya tardiri dari 1 atau 2 lembar saja yang berisikan terkait hasil penelitian yang telah dilakukan.

  • Jangan Menjelaskan Data

Cara membuat kesimulan lainnya adalah tidak perlu memberikan serta menjelaskan data yang telah didapatkan. Karena, data ini merupakan bagian dari pembahasan dari penelitian. Sedangkan, kesimpulan merupakan hasil akhir dari penelitian yang didapatkan apakah sesuai yang diharapakan atau perlunya diadakan perbaikan.

Contoh Kalimat Kesimpulan

contoh kalimat kesimpulan
santrinulis.com

Didalam membuat kesimpulan yang baik. Perlu memperhatikan beberapa contoh kalimat. Dimana, hal tersebut menunjukkan bahwasanya kalimat yang kita buat ini akan membahas mengenai kesimpulan atauapun hasil dari penelitian yang telah kita buat sebelumnya.

Untuk menunjukkan kalimat kesimpulan tersebut, perlu memberikan kalimat mauapun kata yang ketika orang membacanya akan mengetahui bahwasanya kalimat paragraf yang akan dibahas selanjutanya adalah terkait penutup dan kesimpulan dari tulisan maupun karya tulis ilmiah yang kita buat. Diantara contoh kalimat kesimpulan antara lain:

1. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang ….. dapat disimpulkan sebagai berikut.

2. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti terkait … Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa.

3. Berdasarkan hasil pengujian, pengolahan, dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

4. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disajikan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

5. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa…

6. Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat disimpulkan.

7. Dari serangkaian kerja yang telah dilakukan dalam penelitian ini, ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut.

8. Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka dapat disimpulkan beberapa hal dari hasil penelitian ini, yaitu.

9. Setelah dilakukan perancangan serta pengujian sistem ternyata didapatkan hasil.

10. Berdasarkan penelitian dan pembahasan hasil temuan yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

Contoh Kesimpulan

contoh kesimpulan
pixabay.com

Pada akhirnya ketika kamu akan membuat kesimpulan. Hendakanya untuk mengetahui susunan kesimpulan yang baik sesuai dengan contoh kalimat kalimat kesimpulan yang telah lolos dalam penulisan skripsi, makalah mauapun karya tulis.

Contoh Kesimpulan Skripsi

Contoh Kesimpulan Skripsi 1

cara membuat kesimpulan - contoh kesimpulan skripsi

cara membuat kesimpulan - contoh kesimpulan skripsi
theses.umy.ac.id

 

Contoh Kesimpulan Skripsi 2

cara membuat kesimpulan - contoh kesimpulan skripsi

contoh kesimpulan skripsi
enjiner.com

Contoh Kesimpulan Skripsi 3

cara membuat kesimpulan - contoh kesimpulan skripsi
enjiner.com

Contoh Kesimpulan Skripsi 4

cara membuat kesimpulan - contoh kesimpulan skripsi
enjiner.com

Contoh Kesimpulan Makalah

contoh kesimpulan makalah
infoana.com
contoh kesimpulan makalah
enjiner.com

Contoh Kesimpulan Laporan

contoh kesimpulan laporan
enjiner.com
contoh kesimpulan laporan
enjiner.com

Contoh Cara Membuat Kesimpulan dan Saran

Cara membuat Kesimpulan dan Saran 01

Cara membuat Kesimpulan dan Saran 01
academia.edu

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat kesimpulan, cara menentukan kesimpulan, contoh kalimat kesimpulan, dan contoh kesimpulan. Sebenarnya masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kesimpulan. Sering-seringlah membaca dan mengulas terkait karya tulis kamu agar kamu lebih mengetahui kesimpulan yang tepat mengenai laporan karya tulis yang kamu buat.

Setelah membuat kesimpulan dari laporan yang kamu buat. Saatnya membuat footnote atau catatan kaki untuk setiap laporan yang telah dibuat untuk mendapatkan sumber yang valid

 

1 thought on “Cara Membuat Kesimpulan Skripsi / Makalah / Karya Tulis / Laporan / Bacaan”

Leave a Comment