Pencemaran Udara

Udara merupakan komponen utama dalam kehidupan. Manusia tidak bisa untuk terlepas dari udara. Untuk bernafas, menjemur pakaian, pembangkit listrik, sampai permaianan layangan. begitu banyak manfaat udara yang susah dihitung.

kita pasti berharap udara yang kita hirup senantiasa bersih dan segar. Tidak ada yang menginginkan untuk bernafas dengan udara yang kotor. Tetapi kenyataannya banyak sekali yang mencemari udara.

Sangat disayangkan banyak orang yang membayangkan memiliki udara yang segar dan menyehatkan. Tetapi, apa yang dilakukannya sehari – hari malah berlaku sebaliknya dan akhirnya terjadilah pencemaran udara.

Pengertian Pencemaran Udara

pencemaran udara
pixabay.com

Pencemaran udara merupakan suatu keadaan dimana ada substansi biologi, fisik, serta kimia pada lapisan udara atau atmosfer yang jumlahnya membahayakan untuk kesehatan tubuh manusia serta makhluk hidup yang lain.

Kondisi polusi udara bisa mengakibatkan kerugian untuk makhluk hidup di bumi, terutama bagi manusia. Pencemaran udara bisa menyebabkan kesulitan bernapas. Bahkan bisa juga menyebabkan kerusakan di alam secara keseluruhan.

Pencemaran udara ini tidak serta merta terjadi, melainkan dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu yang menjadi penyebabnya. Meskipun pada dasarnya pencemaran udara dapat terjadi secara alami, akan tetap sebagian besarnya terjadi akibat ulah tangan manusia.

Lantas, apa saja penyebabnya? Mari kita ulik lebih jauh pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Pencemaran Udara

pencemaran udara
pixabay.com

Polusi udara terjadi karena faktor-faktor tertentu seperti karena faktor alami dan juga karena faktor perbuatan manusia. Penyebab terjadinya pencemaran udara adalah sebagai berikut:

1. Penyebab Secara Alami

pencemaran udara
pixabay.com

Polusi udara bisa terjadi secara alami melalui proses-proses berikut:

  • Asap, gas, serta abu vulkanik yang diproduksi oleh gunung berapi akan meletus.
  • Proses pembusukan sampah organik yang mana akan mengeluarkan bau yang tidak sedap ke udara.
  • Kebakaran hutan yang terjadi karena proses alami.
  • Debu serta gas yang beterbangan ke udara disebabkan karena tiupan angin yang kencang.

2. Penyebab Polusi Udara tersebab Ulah Manusia

pencemaran udara
pixabay.com

Sebagian pencemaran udara yang ada di bumi disebabkan karena ulah manusia. Nah, hal-hal yang termasuk penyebab polusi udara oleh manusia meliputi:

1. Asap Pabrik

Asap pabrik berasal dari produksi barang dalam jumlah yang besar dari pabrik dan industri. Proses pembakaran pada pabrik akan menghasilkan asap beracun yang terhempas ke udara.

2. Asap kendaraan bermotor

kumparan.com

Saat ini, pertumbuhan pemakai kendaraan bermotor sangat tinggi sehingga sangat menyumbang asap beracun di udara dalam jumlah yang besar. Nah, menurut beberapa sumber, penyebab dari polusi udara yang paling besar adalah hasil emisi kendaraan bermotor.

3. Pembangkit Listrik Non-Renewable

Pembangkit listrik yang berasal dari bahan batu bara akan menghasilkan partikel SO2 atau Oksida Sulfur serta NO2 atau Nitrogen Oksida yang membahayakan kehidupan makhluk di bumi.

4. Bahan Radioaktif

Percobaan bom atom atau nuklir dapat menghasilkan partikel debu radioaktif penyebab polusi udara yang membahayakan kehidupan manusia dan alam sekitar.

Macam Macam Pencemaran Udara

pencemaran udara
nps.gov

Ada dua macam pencemaran udara yang terjadi di bumi, yakni:

1. Pencemaran Udara Primer

Yaitu substansi pencemar yang ditimbulkan oleh sumber pencemaran secara langsung. Salah satu contoh pencemar udara primer adalah CO atau Karbon Monoksida yang merupakan hasil pembakaran kendaraan bermotor. Ada juga Sulfur Dioksida atau SO2 yang dihasilkan dari pembakaran batu bara.

2. Pencemaran Udara Sekunder

Zat pencemar yang terbentuk saat zat pencemar primer mengalami perubahan kimia di atmosfer. Salah satu contohnya adalah ozon. Zat ini akan terbentuk jika nitrogen oksida atau NOx serta senyawa Volatile organik atau VOC dipanaskan sinar matahari.

Dampak Pencemaran Udara

pencemaran udara
kitaumroh.com

Pencemaran udara memiliki dampak yang buruk untuk kehidupan serta menyerang berbagai sektor kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Secara rinci, mari bahas mengenai dampak pencemaran udara berikut ini.

1. Dampak Pencemaran Udara terhadap Lingkungan

pencemaran udara
phys.org

Pencemaran udara memiliki dampak pada lingkungan seperti dapat memicu terjadinya hujan asam yang mana bisa merusak tanaman. Selain itu, pencemaran udara juga bisa menyebabkan global warming. Polusi udara yang berjalan pada jangka waktu yang lama akan mengakibatkan terjadinya pemanasan global.

Pencemaran udara juga akan menyebabkan pertumbuhan tanaman yang terganggu. Udara yang kotor bisa membuat tanaman mudah terkena berbagai penyakit seperti bintik hitam, nekrosis, serta klorosis.

2. Dampak Pencemaran Udara terhadap Kesehatan

pencemaran udara
investigativejournal.org

Dampak dari pencemaran udara bagi kesehatan adalah bisa menyebabkan penyakit paru-paru atau bronchitis dan juga bisa mengganggu saluran pernapasan yang lain. Nah, hal senada juga terjadi apabila pencemaran udara diakibatkan oleh zat kimia laiknya Karbon Monoksida. Hal tersebut akan menyebabkan gangguan kesehatan pada hemoglobin.

Hemoglobin sendiri merupakan metalprotein yang mengangkut oksigen dengan kandungan besi pada sel. Penetrasi polutan udara dalam tubuh dipengaruhi oleh zat pencemarnya. Partikulat berukuran besar akan bertahan pada saluran pernapasan pada bagian atas. Sedangkan partikulat kecil serta gas akan mencapai dalam paru-paru manusia.

Di Indonesia, kendaraan bermotor telah menjadi sumber paling utama bagi pencemaran udara perkotaan. Menurut World Bank, selama kurun waktu 6 tahun, ada pertumbuhan besar kendaraan bermotor hingga hampir 100 persen.

Kendaraan-kendaraan ini menghasilkan emisi gas buang yang sangat buruk akibat perawatan yang kurang memadai serta penggunaan bahan bakar yang berkualitas buruk seperti kadar timbal yang tinggi.

World Bank menempatkan Kota Jakarta sebagai kota yang memiliki kadar polutan paling tinggi setelah Beijing, New Delhi, serta Mexico. Pencemaran ini sangat mengganggu kesehatan. Beberapa kasus kesehatan yang disebabkan karena polusi udara diantaranya kematian bayi prematur, Asma, Bronchitis, Penyakit saluran pernapasan, dan sebagainya.

3. Dampak Pencemaran Udara terhadap Sosial Kemasyarakatan

pencemaran udara
seriau.com

Karena pencemaran udara, maka masyarakat tidak akan memiliki udara yang sehat. Sehingga kesehatan akan menurun. Dengan rendahnya kesehatan masyarakat, maka kegiatan sosial pun akan terhambat.

4. Dampak Pencemaran Udara terhadap Ekonomi

pencemaran udara
tegar.id

Pada bidang ekonomi, dampak dari polusi udara cukup besar. Hasil studi yang dilakukan Bank Dunia, pencemaran udara di Indonesia memberikan kerugian ekonomi sebesar 1,8 triliun rupiah dan meningkat menjadi 4,3 triliun di tahun 2015.

Contoh Pencemaran Udara

pencemaran udara
foresteract.com

Pencemaran udara adalah tragedi lingkungan yang sangat berbahaya bagi kehidupan mendatang. Sebab, prosesnya berkelanjutan jika tidak segera ditanggulangi dengan cara yang tepat. Beberapa contoh pencemaran udara adalah hujan asam, kerusakan lapisan ozon, serta efek rumah kaca yang terkait dengan keberlangsungan hidup manusia di bumi. Untuk memahami tiga fenomena tersebut, ada baiknya untuk membahasnya secara lebih rinci:

1. Hujan Asam

pencemaran udara
dosenbiologi.com

Pada dasarnya, air hujan memiliki tingkat keasaman atau pH normal yakni 5,6. Polusi udara yang diakibatkan oleh zat SO2 dan NO2 akan bereaksi dengan air hujan sehingga membentuk zat asam dan dapat menurunkan kadar pH pada air hujan.

Dampaknya berupa perubahan kualitas air permukaan. Hujan asam akan melarutkan logam berat pada tanah sehingga akan mempengaruhi kualitas dari air tanah dan permukaan.

Peristiwa ini disebabkan karena belerang yang merusak oksigen membentuk sulfur dioksida dan juga nitrogen dioksida. Zat ini akan berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat dengan sifat yang mudah larut, sehingga akan jatuh bersama dengan air hujan.

Tingkat keasaman tanah dan air permukaan akibat hujan asam akan membahayakan kehidupan ikan dan juga tanaman. Bagi manusia sendiri, hujan asam akan menyebabkan penyakit pernapasan.

2. Kerusakan Lapisan Ozon

pencemaran udara
ikons.id

Lapisan ozon merupakan salah satu komponen dalam atmosfer yang letaknya ada di lapisan stratosfer dengan ketinggian 20 hingga 35 km dari permukaan bumi. Nah, ozon inilah yang melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet B yang berasal dari matahari.

Pembentukan serta penguraian molekul ozon terjadi secara alami pada lapisan stratosfer. Fenomena ini semakin diperparah oleh bahan kimia buatan manusia yang mengandung senyawa bromin dan chlorine. Sebab, kedua zat tersebut akan merusak lapisan ozon di atmosfer.

Emisi CFC mencapai stratosfer serta bersifat sangat stabil akan menyebabkan laju penguraian molekul ozon menjadi lebih cepat ketimbang proses pembentukannya, sehingga terbentuk lubang-lubang di lapisan ini. Jika hal ini terjadi, maka sinar UV-B matahari tidak akan terfilter dengan baik. Sehingga, akan berdampak buruk pada kesehatan manusia yakni menyebabkan kanker kulit dan juga penyakit tanaman.

3. Efek Rumah Kaca

pencemaran udara
jagoanilmu.net

Penyebab dari efek rumah kaca adalah adanya keberadaan CO2, metana, CFC, ozon, serta N2O pada lapisan troposfer. Gas-gas ini akan menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Sehingga, panas akan terperangkap pada lapisan troposfer dan menyebabkan fenomena pemanasan global

Ciri-ciri dari efek rumah kaca yang terjadi pada atmosfer adalah mencairnya es yang ada di kutub, perubahan iklim, naiknya permukaan air laut, serta adanya perubahan pada siklus hidup flora dan fauna.

Dampak dari adanya efek rumah kaca yang terjadi pada bumi adalah musnahnya beberapa spesies tumbuhan dan hewan. Selain itu, ada juga prediksi dari ilmuwan mengenai es di kutub utara yang akan musnah pada tahun 2040 hingga 2100. Sebab, volume es di Artik pada musim panas di tahun 2007 hanya tersisa setengah dari yang ada pada 4 tahun sebelumnya.

Isi Kandungan Polusi Udara

pencemaran udara
wadah-pengetahuan.blogspot.com

Pencemaran udara disebabkan karena beberapa polutan atau zat pencemar. Beberapa negara memiliki jenis zat polutan yang berbeda. Amerika Serikat mempunyai 187 daftar polutan yang berbahaya atau disebut dengan istilah hazardous list pollutants. Polusi ini sangat berbahaya untuk kualitas udara. Polutan ini dirumuskan dan dipantau oleh Environmental Protection Agency. Setiap polutan mempunyai bahaya yang bisa mengakibatkan kematian.

Beberapa zat polutan yang paling berbahaya adalah:

1. Karbon Monoksida (CO)

pencemaran udara
sridianti.com

Sumber utama dari Karbon Monoksida yang ada di perkotaan adalah asap kendaraan bermotor. Dalam sebuah data mengungkapkan bahwa sekitar 60 persen polusi udara di Jakarta disebabkan oleh benda bergerak berbahan bakar solar dari angkutan umum.

Formasi dari CO adalah fungsi rasio kebutuhan bahan bakar pada proses pembakaran dalam ruang bahan bakar diesel. Pencampuran yang baik antara bahan bakar dan udara adalah pada mesin dengan Turbocharge. Dengan mesin ini, emisi CO dapat diminimalisir.

Karbon Monoksida yang kadarnya meningkat pada berbagai perkotaan akan mengakibatkan turunnya berat janin. Hal ini akan meningkatkan kematian bayi dan juga kerusakan otak. Salah satu strategi untuk menurunkan kadar karbon monoksida adalah dengan menggunakan bahan katalis yang dapat mengubah CO menjadi CO2. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bahan bakar terbarukan yang rendah polusi.

Gas CO memiliki sifat yang bisa membunuh makhluk hidup. Gas ini mengganggu pengikatan Oksigen pada darah karena CO mudah terikat oleh darah ketimbang oksigen. Darah yang tercemar CO pada kadar 70% sampai 80% akan menyebabkan kematian.

2. Gas Karbon Dioksida (CO2)

pencemaran udara
thinksphysics.com

Gas Karbondioksida adalah sumber pencemaran yang bisa meningkatkan suhu di lingkungan sekitar. Seperti yang telah dibahas pada ulasan sebelumnya bahwa fenomena ini dikenal dengan istilah efek rumah kaca. Pada daerah yang tercemar oleh Co2 akan mengalami kenaikan temperatur udara.

Pencampuran dari Coz dengan jasad renik, titik-titik air, dan juga debu akan membentuk awan yang bisa ditembus oleh cahaya matahari tetapi tidak bisa dilepaskan kembali lewat awan ini. keadaan ini sangat mirip dengan kondisi rumah kaca tanpa adanya ventilasi udara.

3. Gas NO dan NO2

pencemaran udara
ikons.id

Gas Nox yang berasal dari alat transportasi laut Jepang adalah penyumbang utama dengan jumlah 38 persen dari total emisi NOx sejumlah 25.000 ton per tahun. NOx ini terbentuk dengan tiga fungsi yakni suhu, waktu reaksi, serta konsentrasi oksigen. Nitrogen oksida yang ada pada udara yang kemudian dihirup manusia bisa menyebabkan kerusakan di paru-paru.

Setelah bereaksi dengan atmosfer, gas NO2 akan membentuk partikel nitrat yang teramat halus dan bisa menembus bagian dalam paru-paru. Gas ini akan menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan mulai dari yang ringan hingga berat.

Solusi Menanggulangi Pencemaran Udara

pencemaran udara
maxmanroe.com

Meskipun sudah menjadi masalah umum yang terjadi di berbagai negara, pencemaran udara bisa ditanggulangi dengan beberapa cara, yakni:

1. Hemat Energi

pencemaran udara
suryautamaputra.co.id

beberapa pembangkit listrik menggunakan tenaga batu bara yang berasal dari fosil, sehingga menyebabkan pencemaran udara di area sekitarnya.

Cara untuk meminimalisir pencemaran udara, maka kita harus mengurangi penggunaan listrik dengan cara mematikan kipas angin, lampu, dan juga penyejuk udara apabila tidak lagi digunakan. Dengan begitu, maka kita turut mengurangi penggunaan bahan bakar fosil serta menyelamatkan udara.

2. Menggunakan Angkutan Umum

pencemaran udara
berita.baca.co.id

Banyak di antara kita yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Padahal, ini akan menjadi penyebab pencemaran udara yang tinggi. Nah, untuk menguranginya, kita bisa mulai beralih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

3. Penguatan Hukum dan Kebijakan

pencemaran udara
muslimobsession.com

Upaya pengendalian pencemaran udara dan reduksi rumah kaca sangat diperlukan dengan campur tangan pemerintah dalam hal ini sebagai pembuat kebijakan dan hukum.

Kebijakan ini bisa terkait dengan bahan bakar bersih dan teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan. Kebijakan yang dibuat tentu saja harus memperhitungkan kondisi sosial politik nasional dan regional.

4. Pengawasan dan Pengaturan Industri

pencemaran udara
endurra.co.id

Selain dari kendaraan bermotor. Polusi udara paling banyak disumbangkan oleh pabrik-pabrik industri. Untuk itu, pengendalian polusi udara juga harus dilakukan dengan mengawasi dan mengatur industri-industri besar terkait dengan limbah yang dihasilkannya.

5. Penghijauan Atau Reboisasi

pencemaran udara
hujjah.net

Upaya penghijauan dapat mengurangi adanya pencemaran udara. Dikarenakan tanaman-tanaman hijau serta pepohonan akan mengubah zat pencemar yani karbon dioksida menjadi oksigen. Hal itu bermanfaat untuk kesehatan manusia dan hewan. Selain penghijauan, upaya lainnya adalah dengan menjaga kelestarian hutan.

6. Pengedukasian Kepada Masyarakat

pencemaran udara
25storymaps.arcgis.com (FILEminimizer)

Dengan melakukan penyuluhan pada masyarakat mengenai pentingnya udara bersih serta bebas polusi. Hal tersebut akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari polusi udara. Penyuluhan dapat dilakukan secara berkala pada forum di masyarakat serta kegiatan sekolah supaya tertanam kesadaran pada anak-anak mengenai udara yang bersih.

7. Belajar Konsep 3R

pencemaran udara
duniadefinisi.com

Konsep 3R adalah singkatan dari reuse, reduse, dan juga recycle yang mana merupakan langkah atau proses mengelola serta menangani sampah dengan berbagai masalahnya. 3R adalah langkah untuk mendaur ulang sampah sehingga bisa menghasilkan uang kembali.

Penerapannya adalah solusi untuk mengelola sampah dan limbah sehingga menjadi sumber listrik. Dengan begitu, maka penggunaan listrik yang bersumber dari bahan bakar fosil yang menyebabkan polusi bisa diminimalisir.efek rumah kaca

Kesimpulan

Melihat begitu besar dampak berbahayanya pencemaran udara, maka sebaiknya Anda dan kita semua terus melakukan langkah-langkah penanggulangan pencemaran udara. Selain itu, kita juga perlu mendukung langkah pemerintah dalam melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan ini.

Leave a Comment